POPULAR STORIES

Mau Tahu Motor Apa Yang Dipakai Turis Jerman 1953?

Mau Tahu Motor Apa yang Dipakai Turis Jerman 1953? Heinkel Tourist Germany ini diproduksi tahun 1953. Uniknya Heinkel ini telah dijual laris manis lebih dari 100.000 skuter. (Foto: KabarOto/Acrul Affandy)

 

Jawabnya Heinkel Tourist Germany. Kendaraan roda dua ini sangatlah mewah dan nyaman bila ditumpangi. Sangat berbeda dengan skuter lainnya. Lalu bagaimanakah sejarah Heinkel Tourist Germany ini?

Heinkel Tourist Germany ini diproduksi tahun 1953. Uniknya Heinkel ini telah dijual laris manis lebih dari 100.000 skuter. Dan memang termasuk satu motor antik yang dibuat di Jerman-(Motor antik lainnya yang dibuat di Jerman adalah DKW Hobby 1956, Maicoletta, Glas Goggo dan Zundap Bella).

Nah untuk level Heinkel Tourist Germany ini, memang lebih mahal dan berat dibandingkn Vespa ataupun Lambreta lainnya. Iya, Heinkel Tourist Germany menawarkan kenyamanan lebih dengan sandingan mesin yang stabil. Mesinnya di tempatkan dirangka bagian depan dan kemudi roda belakang yang disatukan dengan rantai yang tertutup swingarm. Ingat Bro and Sist mesinnya sudah 4 tak.

Heinkel Tourist Germany dijuluki oleh dealer di Amerika Serikat saat itu sebagai Cadillac Skuter atau pun sebagai skuter Rolls Royce. Sementara untuk kecepatannya bisa mencapai 70 mph atau 110 kilometer per jam.

Bro and Sist, kabarnya Heinkel inilah yang dipergunakan untuk membawa turis berkeliling kota Jerman pada saat itu. Kabaroto menemui Heinkel Tourist Germany ini di acara Indonesia  Scooter Family Gathering (ISFG) beberapa waktu lampau di Mega Glodok Kemayoran.

Baca Juga: