Mau Upgrade Audio Mitsubishi Xpander? Bisa Ikuti Pilihan Ini

Mau Upgrade Audio Mitsubishi Xpander? Bisa Ikuti Pilihan Ini Foto: dok KabarOto

KabarOto.com - Jika sobat KabarOto memiliki Mitsubishi Xpander dan ingin upgrade kualitas audio agar memiliki suara jernih dan enak didengar, bisa ikuti cara ini.

Menurut Yudhi, penggawa Dynamic Autosound di Serpong, “Hal pertama yang perlu di-upgrade adalah head unit, karena bawaan Xpander yang tipe selain Ultimate, belum layar monitor. Sementara yang Ultimate, sudah menggunakan monitor tapi kualitas suara masih biasa saja.”

Baca Juga: Berkat Audiofrog, Tata Suara Dari Mitsubishi Xpander Ini Serasa Nonton Konser Live

Dari penggantian headunit ini, kualitas suara yang dihasilkan akan lebih bagus. Tidak sampai di situ, sobat juga bisa menambahkan speaker aftermarket 2-way atau 3-way.

“Selanjutnya, bisa juga diganti speaker yang kualitasnya lebih bagus dari bawaan. Bila ada dana lebih, dapat ditambahkan amplifier dan subwoofer untuk menambah bass,” ujar pria ramah tersebut.

upgrade audio xpander
Salah satu opsi head unit ada merek Kenwood DDX 718

Pemilik Xpander juga beruntung nih. Sebab, bodi Xpander diklaim sudah cukup kedap walau tanpa menggunakan peredam. “Untuk Xpander yang sudah pernah kita garap, peredamannya sudah cukup bagus untuk di kelasnya. Jadi tidak perlu ditambah peredam juga tidak apa-apa,” lanjut Yudhi pada tim KabarOto.

Dari sisi bujet, untuk head unit aftermarket yang lebih baik dari bawaan Xpander, bisa dimulai dari harga Rp 3-5 juta dengan pilihan berbagai merek.

Baca Juga: Profil - Mitsubishi Xpander 2018 Ini Dia Harga Dan Spesifikasinya!

“Pilihan head unit, misalnya Kenwood, Pioneer, Mtech 10.1 inch Android. Tetapi yang paling direkomendasikan adalah Kenwood DDX 718 WBT. Harganya cukup terjangkau di bawah Rp 5 juta, dengan fitur lengkap seperti Bluetooth, Waze, Spotify, equalizer 13 pengaturan, dan layar yang sudah full touchscreen. Ukurannya juga pas untuk tempat head unit Xpander,” sambung Yudhi lagi.

Sementara untuk penggantian speaker, amplifier, dan subwoofer yang sudah cukup bagus, memiliki kisaran harga mulai dari Rp 5 jutaan di luar kabel dan biaya instalasi.

Yudhi menjelaskan, “Untuk pemilihan speaker, amplifier, dan subwoofer. Bisa menggunakan merek Crescendo seri Beat. Harga paket lengkap seperti speaker 2-way, amplifier, subwoofer dibanderol Rp 5,7 juta untuk barang saja.”

lapisan pertama peredam audio
Lapisan peredam pertama menempel di pelat pintu

Peredam juga masih bisa ditambahkan, pemasangan peredam dapat ditebus dengan harga mulai Rp 1 juta untuk 2 pintu dan harga tersebut sudah termasuk 2 lapis peredam.

Namun, kalau ingin lebih sempurna, juga kalau mau menambah jadi 3 atau 4 lapis. Untuk lapisan keempat, bahan yang digunakan akan berbeda, penggunaanya akan ditumpuk pada lapisan ketiga dan bahannya seperti busa yang berfungsi menyerap suara bising dari luar. Untuk 4 lapisnya, biaya per 2 pintu dibanderol Rp 2 juta.

lapisan kedua peredam audio
Ingin peredaman lebih maksimal, bisa tambah lapisan kedua

Pengerjaannya, Yudhi membutuhkan waktu dari pagi sampai sore untuk upgrade semua komponen tersebut. Tetapi, khusus untuk speaker 3-way, dekorasi bagian belakang untuk subwoofer, peredam yang full (pintu, atap, firewall, sepatbor, pilar), tentu prosesnya akan lebih lama.

Proses ini bisa 1 - 2 minggu, tergantung tingkat kesulitannya. Karena Yudhi perlu membuat kembali dudukan di pilar A, lalu dudukan subwoofer bagian bagasi, serta membongkar karpet dasar dari mobil untuk pengaplikasiannya.

Oh iya, paket-paket ini tidak hanya untuk Xpander yah, namun bisa juga diaplikasikan pada mobil lainnya, tentunya beda mobil beda juga pengaplikasian dan harganya.

Baca Juga: Deretan Mobil Modifikasi Keren Di The Elite Show Case 2018

busa peredam audio
Untuk yang senang suara jernih, tambahan busa peredam ini berfungsi meminimalisir suara dari luar

Bagaimana? Tertarik upgrade audio Xpandermu? Bisa langsung datang ke workshop Dynamic Autosound Serpong.

Dynamic Autosound Serpong

Jl. BSD Raya Utama, Ruko Mendrisio 1 Blok C Nomor 6, Medang, Pagedangan, Tangerang, Banten 15334

Telp: 0811-9768989