POPULAR STORIES

McLaren 620R, Mobil Jalan Raya Rasa Sirkuit

McLaren 620R, Mobil Jalan Raya Rasa Sirkuit

KabarOto.com - Penggemar kecepatan di jalan raya pastinya membayangkan bagaimana McLaren 570S GT4 bisa dilesatkan di jalan raya. Ternyata impian tersebut sudah ada dibenak McLaren untuk diwujudkan kepada para peminatnya dengan varian McLaren 620R.

Yup, McLaren 620R sudah dihomologasi agar bisa melenggang di jalan raya dan pemiliknya dapat merasakan akseelrasi dan kecepatan tinggi dari 570S GT4 yang sudah beebrapa kali memenangkan balapan.

"Ini merupakan respon dari permintaan konsumen, kita telah homologasi paketnya untuk jalan raya pada 620R, merupakan edisi terbatas, mengambil basis dari 620PS superlight coupe yang cocok untuk peminat ingin merasakan langsung sensasi balapan dan performanya sebanding digunakan di lintasan balap dan jalan raya," ujar Mike Flewitt, Chief Executive Officer, McLaren Automotive.

Memang tidak tanggung-tanggung McLaren mengemas 620R seperti lazimnya mobil balap siap tempur di lintasan. Tampilannya mirip mobil balap, pengendaliannya seperti mobil balap, performa seperti mobil balap dan rasanya seperti di mobil balap.

Sensasinya adalah mengendarai mobil balap di jalan raya, karena memang mesin yang dipakai adalah mesin standar balap GT4 yakni tipe M838TE 3.800 cc dengan turbo ganda.

ECU mesin dan turbocharger tanpa batasan agar tenaganya bisa terkerahkan 610 dk dan menjadi Sports Series paling kuat. Torsinya juga hadirkan 619,6 Nm. Wajarlah bila akselerasinya 0-96 kpj bisa diraih 2,8 detik dan melesat 0-200 kpj bisa ditebus 8,1 detik. Nah, pengendara bisa bisa torehkan jarum spidometer di angka 321 kpj.

Tenaga yang buas tersebut, McLaren mengklaim dapat diredam berkat penggunaan peranti deselerasi dengan diameter cakram 390 mm di bagian depan dan 380 mm untuk belakang. Material alumunium ringan digunakan pada kaliper rem. Cengkeraman ke permukaan aspal, 620R andalkan Pirelli P Zero Trofeo R semi-slick. Bila ingin cengkeraman lebih baik lagi, saat di sirkuit bisa gunakan ban full-slick.

Pendukung aerodinamika 620R ini memakai sayap serat karbon belakang bersistem adjustable, komponen yang sama pada 570S GT4. Tingginya mencapai 317 mm membuat aliran udara lebih baik dan juga meningkatkan daya tekan.

Oh iya, bila berminat menebus 620R ini harus segera! Karena McLaren Production Centre di Woking, hanya akan mengerjakan 350 unit saja. Mulai dikerjakan bulan Januari 2020 dan setiap unitnya bernilai $299.000 atau setara Rp 4,19 miliar.