POPULAR STORIES

Melihat Proses Distribusi Motor Honda Di Gudang Wahana

Melihat Proses Distribusi Motor Honda di Gudang Wahana Kegiatan administrasi di gudang distribusi motor Honda PT Wahana Makmur Sejati

KabarOto.com - Wahana Makmur Sejati yang merupakan Main Dealer Sepeda Motor Honda untuk wilayah Jakarta dan Tangerang, memiliki dua gudang distribusi yang terletak di Jatake, Tangerang, serta Cimangis, Depok. Dari tempat inilah motor dipasok ke dealer-dealer AHASS.

Gudang Jatake mampu menampung 4.000 unit motor, sedang Gudang Cimanggis jauh lebih besar karena mampu menampung 7.000 unit.

Selain itu, ada satu gudang lagi yang mampu menyimpan 7000 unit sepeda motor di Jati Asih, Bekasi, yang siap dioperasikan.

Motor-motor yang baru dikirim dari AHM akan di scan barcode

Kabaroto berkesempatan melihat langsung proses distribusi motor Honda untuk Jakarta di Gudang Wahana Makmur Sejati di Cimanggis, Depok. Setiap harinya 800 - 1.000 motor Honda mulai dari AT, Sport, dan Cub masuk ke gudang ini.

Baca Juga: Wahana Artha Group Ajak Jurnalis Otomotif Tour Coorporate

Setelah tiba di gudang yang memiliki luas 8000m ini, motor-motor kemudian diturunkan dari truk dan langsung didata menggunakan scan barcode, kemudian dicocokkan dengan data administrasi yang telah dikirim dari Astra Honda Motor

Motor yang datanya sudah lengkap, dibawa ke lantai 2 untuk dilengkapi dengan aksesori seperti spion dan lainnya. Setelah sempurna, motor-motor dipisahkan sesuai jenisnya, di antaranya AT, Sport, dan Cub.

Pengecekan Administrasi

"Ketelitian diperlukan di gudang ini, permintaan harus sesuai dengan data, tidak boleh asal comot atau acak. Karena di setiap jok sudah ada kode dan akan dibawa ke gate masing-masing," jelas Rollis, Kepala Gudang Cimanggis, PT Wahana Makmur Sejati.

Pemasangan asesoris

Setelah selesai didata, motor dikirim ke dealer-dealer AHASS di area Jakarta. "Satu dealer maksmimal kita kirim 40 sampai 60 unit. Untuk varian tergantung dari pemesanan konsumen," terangnya.

Motor-motor yang siap diantar ke Dealer.

Jumlah karyawan yang bekerja di gudang ini 80 orang, di mana tiap divisi menggunakan rompi dan seragam yang berbeda-beda sesuai fungsi dan tugas masing-masing.