Mengenal Aliran Modifikasi Itasha

Alif Sowandono
Alif Sowandono 20 Jun 2015 - 06:16
Mengenal Aliran Modifikasi Itasha
aliran modifikasi Itasha (foto:Istimewa)

Itasha (??), kombinasi dari huruf kanji yang berarti 'pain' / 'sakit' (??, itai) dan huruf kanju untuk 'car' / 'mobil' (?, sha). jadi secara harafiah berarti "painful car" dalam bahasa inggris atau 'mobil (orang) sakit'.

Itasha merupakan istilah yang populer di kalangan otaku yang men-dekorasi mobil mereka dengan karakter fiksi dari anime, manga, atau video game (terutama bishojo game atau eroge). Karakter yang sering digunakan dalam genre modifikasi / dress-up ini mayoritas merupakan karakter perempuan yang cantik dan 'cute' atau 'kawaii' juga mengandung unsur 'MOE!!!' menurut istilah di Jepang.

Itasha

Memang di Indonesia sendiri kehadiran mobil dengan tema modifikasi / dress-up seperti ini memang jarang, bahkan tak banyak yang berpikiran
bahwa dress-up seperti ini cuma orang yang kurang kerjaan. Meski begitu Indonesia juga memiliki beberapa 'ekor' itasha yang berkeliaran di jalan-jalan dan sementara ini komunitas yang terkenal cukup eksis adalah komunitas Itasha Indonesia. (halo guys/sis ?)

Tapi apakah Itasha itu norak atau lebay? menurut kami tidak, memang selera para 'otaku' ini cukup unik dan nyentrik (walau belum masuk kadar 'sakit' seperti di negara asalnya) juga tak jarang banyak yang membuat kendaraannya memiliki sisi estetika yang buruk, namun banyakjuga Itasha yang dibangun dengan rapi dan memiliki estetika modifikasi yang bagus, dan tak jarang menjadi tema grafis untuk mobil balap di Jepang.


Baca juga: