POPULAR STORIES

Mengenal Asia-Pacific Rally (APRC), Ini Penjelasannya

Mengenal Asia-Pacific Rally (APRC), Ini Penjelasannya Mengenal Asia-Pacific Rally (APRC), Ini Penjelasannya (kipli/ FIA APRC)

KabarOto.com - Sejak tahun 1998, FIA Asia-Pacific Rally Championship (APRC) telah mengakomodir sebagai platform untuk para pembalap dan timnya dari regional tersebut untuk berkompetisi.

Dikutip dari laman FIA, hal tersebut dilatarbelakangi atas kemiripan dari struktur geografis masing-masing negara Asia Pasifik, sehingga pembalap dari negara masing-masing diharapkan bisa berpartisiasi lewat masing-masing divisi, seperti FIA APRC Asia Cup & FIA APRC Pacific Cup.

Baca Juga: Ini Para Jawara Final Dan Kejurnas APRC 2023

Masing-masing negara berhak menyelenggarakan sebanyak 5 gelaran tiap musimnya. Namun pada akhir musim balap, dari FIA APRC Asia Cup dan FIA APRC Pacific Cup akan digabung untuk berkompetisi bersama dalam wadah FIA Asia-Pacific Rally Championship.

Hal tersebut terbagi lagi menjadi beberapa kategori yakni FIA Asia-Pacific Rally Championship for Drivers & Co-Drivers, FIA APRC3 Championship for Drivers and Co-Drivers and the FIA Junior APRC Championship for Drivers.

Baca Juga: Rifat Sungkar Duduki Podium Tertinggi Final APRC 2023

Kebetulan, Indonesia baru saja dipercaya oleh FIA untuk menggelar APRC Danau Toba 2023, yang telah dimenangkan oleh pasangan Rifat Sungkar dan Navigator Benjamin Searcy di seri penutup.

Tahun 2023 ini, Asia Cup termasuk Cina, Jepang, India dan Indonesia diselenggarakan bersama dengan Pacific Cup yang terdiri dari reli di Australia, Jepang, dan Selandia Baru.

Mobil-mobil dengan Spesifikasi Rally2, Rally3, Rally4 dan Rally5 yang telah terhomologasi dan diterima oleh negara penyelenggara, resmi dapat mencetak poin dalam tiap gelaran balap yang dilangsungkan.