Mengenal Dapur Balap Milik Hyundai Motorsport di Jerman

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 30 Sep 2016 - 12:05
Mengenal Dapur Balap Milik Hyundai Motorsport di Jerman
Mengenal Dapur Balap Milik Hyundai Motorsport di Jerman (foto: Istimewa)

Tahun ini bisa dibilang sebagai tahun kebangkitan Hyundai Motorsport. Pasalnya, dalam gelaran World Rally Championship (WRC) tahun ini, Hyundai berhasil meraih kemenangan di beberapa laga. Bahkan memborong 2 podium sekaligus. Apa kuncinya? ‘Dapur’ yang luar biasa canggih.

Yuk, mari mengenal lebih dekat lagi dapur balap milik Hyundai Motorsport di Jerman, Hyundai Motorsport GmbH (HMSG). HMSG didirikan pada 19 Desember 2012. Mereka inilah bertanggung jawab atas sepak terjang dan kiprah Hyundai di ranah motorsport terutama untuk program utama mereka, World Rally Championship (WRC).

Di tempat ini, para engineering Hyundai melakukan eksplorasi untuk mengembangkan jagoan mereka yakni New Generation i20. Fasilitas yang bertempat di Alzenau, Jerman ini luar biasa. Menempati area seluas 8.200 meter persegi. Luas area tersebut dibagi menjadi dua, yakni perkantoran dan workshop.

Untuk perkantoran sendiri, area ini menempati bidang seluas 2.125 meter persegi, sementara workshop menempati 5.878 meter persegi.

Pada workshop ini pun dibagi lagi menjadi 10 jalur perakitan. Diantaranya adalah engine workshop, sub-assembly area, electronic, body shop, stores, design office dan administration area.

Tidak hanya itu, dalam fasilitas tersebut, Hyundai Motorsport GmbH juga telah melengkapi pabrik ini dengan quality control, engine dynamics dan suspension test bench atau alat pengetesan suspensi.

Baca Juga: