POPULAR STORIES

Mengenal Fitur Adjust The Tyre Pressure, Apa Itu?

Mengenal Fitur Adjust The Tyre Pressure, Apa Itu? Mengenal Fitur Adjust The Tyre Pressure, Apa Itu? (Kipli/ Peugeot)

KabarOto.com - Fitur Adjust The Tyre Pressure (ATTP) merupakan salah satu fitur yang penting untuk mengecek kondisi ban. Fitur ini biasa ditemui di mobil-mobil modern dan bisa diakses melalui layar infotainment.

Fungsinya adalah untuk memonitor tekanan angin ban mobil. Utamanya saat kendaraan sedang berjalan. “Ban kempis bikin kecepatan mobil kurang maksimal, ban cepat aus, bahan bakar boros, hingga risiko pelek ban rusak. Kelebihan pun bikin kurang traksi hingga berisiko ban pecah," jelas Samsudin, Aftersales Support PT Astra International Peugeot.

Mengecek secara rutin tekanan angin ban merupakan langkah untuk keamanan berkendara. Namun bila tekanan ban berubah secara mendadak maka fitur ATTP akan berfungsi secara otomatis.

Baca Juga: Mengenal Fitur Idling Stop System Di Sepeda Motor

Fitur ini mengandalkan sensor kecepatan ban pada sistem rem anti-lock. Fitur itu juga berguna untuk keamanan, menghindari kejahatan yang berpura-pura mengatakan ban mobil kempis.

Ketika mengetahui tekanan angin ban mobil bermasalah, maka driver secara otomatis mendapatkan informasi tekanan angin ban yang ditampilkan pada layar Multi-Information Display (MID). Letaknya dekat spidometer. Ikon ATTP biasanya disimbolkan dengan sebuah gambar ban serta menunjukkan informasi tekanan ban.

“Jika tanda ini muncul sebaiknya segera lakukan pengecekan tekanan angin ban di bengkel terdekat. Bisa jadi ada salah satu ban yang tekanan anginnya kurang atau berlebih. Atau ada salah satu ban yang bocor, sehingga perlu penanganan untuk menggantinya dengan ban cadangan," imbuh Samsudin.

Baca Juga: Musim Hujan, Kenali Fungsi Fitur Electronic Stability Program (ESP) Di Kendaraan

Selanjutnya, pastikan tekanan angin ban mobil agar selalu dalam keadaan ideal. Misalnya, tekanan angin ban mobil seperti Peugeot SUV adalah 2,2 Bar, baik itu roda depan-belakang dalam kondisi tidak banyak beban. Sedangkan pada ban serep tekanannya sesuai dengan yang tertera di dinding ban dan kecepatannya sangat dibatasi sebelum diganti ban standar.

Lantas ada cara untuk melakukan reset ATTP yang ikonnya masih tampil di layar MID meskipun ban sudah dicek ulang. Langkahnya, pertama menyalakan mobil, lalu tekan logo mobil pada piano google keys. Maka pada layar monitor tekan menu 'Under-inflation Initialisation' dan pilih 'Yes' untuk konfirmasi.