Mengenal Fungsi Kopling Ganda Sepeda Motor

Mengenal Fungsi Kopling Ganda Sepeda Motor Kampas kopling dan rumah kopling. (Foto: Istimewa)

KabarOto.com - Mungkin bagi anda pemilik motor kurang paham dengan sebuah komponen bernama Kopling ganda. Kopling ganda adalah sistem kopling yang memiliki dua buah mekanisme kopling pada motor matic dan bebek.

Menurut M.Syarifudin Technical Training Instruktur, Main dealer sepeda motor Honda TDM, Lampung, ada dua komponen utama pada kopling ganda, yaitu kampas kopling ganda dan rumah kopling yang bentuknya seperti mangkuk.

Baca Juga: Kick Starter Motor Matic Macet? Atasi Dengan Cara Ini

Fungsi kopling ganda ini untuk memutus tenaga dari mesin ke transmisi, sehingga meski mesin hidup motor tidak akan bergerak. Kopling ganda biasa di sebut juga kopling otomatis, karena bekerja berdasarkan putaran mesin.

Caption

Jika mesin berputar idle atau langsam, maka kopling tidak akan bekerja untuk menghubungkan putaran mesin ke transmisi, tetapi jika putaran mesin dinaikkan atau memutar gas, maka kopling ganda ini akan bekerja dan terhubung.

Saat mesin dihidupkan pada RPM rendah, kampas mulai bergerak ke arah rumah kopling, namun kampas ini belum menyentuh rumah kopling sehingga meski kampas berputar tapi rumah kopling belum berputar.

Bentuk kopling ganda

Ketika gas mulai diputar maka disitu ada penambahan RPM, ini akan memperbesar gaya sentrifugal pada kampas yang semakin bergerak ke arah rumah kopling dan menekan atau terhubung dengan rumah kopling. Ketika berakselerasi atau menambah kecepatan, keduanya akan bekerja secara maksimal untuk menggerakan kendaraan.

Baca Juga:Lakukan Ini Bila Ingin Motor Matic Ngacir

Nah, Anda harus mengetahui ciri-ciri kopling ganda yang sudah haus. Biasanya gejala yang sering dirasakan ada getaran saat kendaraan mulai berjalan. Selain itu juga tenaga yang dihasilkan menjadi berkurang. Ini disebabkan kopling ganda tidak bekerja berdasarkan putaran mesin karena aus.

Penyebab kopling ganda aus dikarenakan cara berkendara yang kasar dalam membuka dan menutup gas. "Itu berpengaruh sekali ke masa pakai kampas kopling. Kalau sudah mengalami hal itu harus segera ke bengkel untuk diganti," paparnya.

Berita Terkait

Berita Terkait