POPULAR STORIES

Mengenal Lebih Dalam Kehadiran BMW Seri I8 Di Indonesia

Mengenal Lebih Dalam Kehadiran BMW Seri i8 di Indonesia Sonny Kastara Dhaniswara.bersama President Director BMW Group Indonesia, Karen Lim.

Kabaroto.com - BMW Group Indonesia menggelar kegiatan BMW i8 Exclusive Drive di Surabaya sejak Sabtu hingga Minggu (6-7/5). Kegiatan yang dilakukan dengan kolaborasi bersama PT Astra International Tbk ini bertujuan untuk lebih memasyarakatkan teknologi dan inovasi terbaru BMW dengan teknologi hybrid.

Sebelum menggelar di Surabaya, BMW Group Indonesia telah membuka gerai penjualan pertama dengan fasilitas khusus untuk menangani kendaraan seri I di Serpong, Banten. Setelah dinilai cukup sukses, Surabaya kini menjadi target berikutnya.

Seperti diketahui, seri i adalah kendaraan produksi pabrikan mobil asal Bavaria, Jerman. Untuk seri BMW i8 merupakan mobil dengan teknologi hybrid atau listrik murni dari BMW dan menjadi seri i pertama yang dibawa dan diperkenalkan di Indonesia sejak tahun lalu.

BWM mengklaim model ini sebagai sports car pertama di dunia yang diproduksi dengan fokus pada prinsip pengembangan berkelanjutan atau ramah lingkungan. Ini dibuktikan dengan penyematan teknologi hybrid yang membuat mobil ini memiliki dua sumber energi, Pertama adalah mesin konvensional berbahan bakan minyak dan mesin dengan dua motor elektrik yang digerakkan dengan tenaga listrik.

Setiap pembelian BMW i8 dengan harga Rp3,549 miliar off the road, pemiliknya mendapatkan instalasi wall box gratis. Wall box digunakan untuk melakukan pengisian ulang daya motor elektrik.

Penggunaan wall box mirip dengan alat pengisian bahan bakar yang berada di pom bensin, karena itu teknologi mobil ini disebut plug-in hybrid. Dibutuhkan sekitar 2 jam untuk mengisi baterai hingga penuh. BMW mengklaim baterai yang terisi penuh dapat menempuh jarak sekitar 37 Km.

Apabila dikombinasikan dengan bensin, mobil ini dapat menempuh jarak hingga lebih kurang 595 Km. Adapun dua motor elektrik di kedua roda depan menghasilkan tenaga 131 hp, sedangkan mesin konvensional berkapasitas 1.500 cc 3 silinder turbocharger menghasilkan tenaga 231 hp dengan torsi 320 Nm berada di bagian belakang.

Kombinasi dua mesin ini menghasilkan total tenaga 362 hp dengan torsi 570 Nm. Meskipun hadir dengan kubikasi mesin kecil, BMW i8 dapat melesat dari 0—100 Km dalam waktu 4,4 detik. Capaian ini berkat konstruksi rangka yang terbuat dari carbon-fibre-reinfroced plastic (CFRP), sehingga membuat bobot mobil ini terbilang ringan, yakni 1.400 Kg.

BMW menyediakan garansi 3 tahun tanpa batasan jarak tempuh, garansi komprehensif baterai HV selama delapan tahun atau 100.000 Km, serta BMW Service Inclusive yang memberikan perawatan bebas biaya selama lima tahun atau 60.000 km.

Setiap pembelian kendaraan BMW i8 dilengkapi dengan perlindungan BMW Group Tire Coverage selama tiga tahun, yang mencakup penggantian hingga empat ban per tahun sampai 100%, termasuk biaya tenaga kerja dan meliputi kerusakan yang disebabkan oleh tusukan, penggembungan, letusan dan robek atau dari kendaraan yang terus berjalan dengan ban kempes. Penggantian ban orisinil ini dilakukan dengan syarat dan ketentuan yang berlaku.

Berdasarkan data penjualan perusahaan, ada tiga pembelian BMW i8 pada bulan lalu. Satu di antaranya adalah edisi terbatas dari BMW i8, yakni Protonic Red Edition yang diklaim BMW Group hanya akan ada satu di setiap negara.

Di Indonesia, pemilik mobil BMW i8 Protonic Red Edition yang harganya lebih tinggi dari BMW i8 off the road itu adalah Sonny Kastara Dhaniswara.

Sebagaimana diketahui, Sonny sudah ingin memiliki i8 sejak pertama kali melihatnya pada 2014. Saat itu, i8 masih dalam bentuk mobil konsep.

"Sejak pertama kali saya melihat BMW i8 di tahun 2014, waktu itu masih mobil konsep, saya sudah mengatakan pada diri sendiri, pada saatnya nanti mobil konsep ini akan menjadi mobil produksi saya harus memilikinya," kata dia di Jakarta, Kamis (20/4) lalu.

Keinginan untuk memiliki bertambah lagi ketika mobil tersebut muncul di film 'Mission Impossible 4' yang dibintangi aktor ganteng Tom Cruise. Saat itu, Cruise menggunakan i8 model konsep yang diberi nama Vision Efficient Dynamic.

Sambil bergurau dia mengatakan dirinya memang tidak bisa setampan Tom Cruise, namun setidaknya bisa menggunakan mobil serupa. “Meski kalah tampan, sekarang saya bisa bilang lebih hebat, karena Tom Cruise tidak punya spesial edition i8,” katanya sembari tergelak.