Menilik Lebih Dalam Sejarah Panjang Ford Indonesia

Menilik Lebih Dalam Sejarah Panjang Ford Indonesia Ford Motor Indonesia

KabarOto.com - Nama besar Ford di ranah otomotif tanah air tidak perlu diragukan, pasalnya produsen mobil asal Amerika Serikat (AS) tersebut telah menapaki bisnis mereka sejak tahun 1989, kala itu Ford di Indonesia diwakilkan oleh Indonesia Republic Motor Company (IRMC).

Ketika di bawah naungan IRMC, tercatat beberapa jajaran produk Ford sempat hadir menghiasi aspal tanah air seperti Telstar, TX-3, TX-5, Cortina dan Laser.

Ford Motor Indonesia Resmi Menjadi APM Ford

Selanjutnya, pada 12 Juli 2000 sejarah Ford di Indonesia terukir melalui PT Ford Motor Indonesia (FMI) yang kala itu resmi menjadi Agen Tunggal Pemegang Merek (ATPM) Ford di Indonesia.

Terhitung sejak tahun 2001, FMI pun memperluas bisnis mereka dengan mendistribusikan mobil-mobil Ford ke Indonesia. Bagi FMI, melebarkan sayap bisnis mereka di Indonesia, terbilang tidak membutuhkan waktu yang lama.

Pasalnya, di tahun 2002 Ford Indonesia langsung menggebrak dunia otomotif tanah air dengan meluncurkan salah satu produk terbaik mereka yakni Ford Ranger, yang diikuti dengan membuka jaringan dealer 3S (sales, service, sparepart) yang kala itu berada di bilangan Jakarta Selatan.

Melihat animo yang tinggi akan produk Ford di Indonesia, di tahun 2003 FMI melanjutkan rangkaian peluncuran jajaran produk andalan mereka, dengan meluncurkan New Ford Ranger, yang diikuti dengan peluncuran dari model sport utility vehicle (SUV) mereka, yakni Ford Everest di bulan September 2003.

Ford Everest

Dua tahun berselang, tepatnya di tahun 2005, sejarah mencatat animo akan jajaran produk Ford di Indonesia pun semakin meningkat setiap tahunnya. Melihat tingginya permintaan, FMI pun menjawab dengan meluncurkan jajaran produk terbarunya, yakni Ford Focus yang terbilang cukup populer di Indonesia hingga saat ini.

Satu tahun berselang, di tahun 2006 Ford kembali melanjutkan rangkaian peluncuran jajaran produk mereka dengan meluncurkan Ford Escape Sporty dan Focus 2.0 liter.

Meski tidak memiliki volume penjualan sebesar jajaran produk pabrikan Jepang di Indonesia, namun tercatat populasi kendaraan merek Ford pun cukup banyak di Indonesia.

Terlebih ketika memasuki tahun 2010, di mana Ford kala itu meluncurkan model teranyar pada Everest dan turut memboyong model hatchback andalan mereka, yakni Fiesta ke Bumi Pertiwi pada bulan Juli 2010.

Di tahun tersebut pula, Ford melakukan penyegaran pada Focus. Memasuki tahun 2011, Ford Indonesia kembali melakukan peluncuran bagi model teranyar dari Ranger.

Memasuki tahun berikutnya di 2012, Ford membawa salah satu sport utility vehicle (SUV) terbaik mereka ke Indonesia, yaitu EcoSport untuk menjawab tingginya permintaan akan model SUV di tanah air.

Ford EcoSport

Satu tahun berselang, Ford EcoSport pun seakan menjelma menjadi volume maker baru Ford di Indonesia. Melihat pertumbuhan penjualan EcoSport, FMI pun memutuskan untuk turut memasarkan Ford EcoSport dengan mesin baru, yakni mesin 3 silinder terbaik dunia dan Ecoboost 1.0-liter di 2014.

Memasuki tahun 2015, FMI pun sempat merilis beberapa line up produk terbaru mereka seperti New Ranger, New Focus dan All New Everest. Jika dilihat, kinerja penjualan Ford di Indonesia pun terbilang cukup baik. Berdasarkan data yang KabarOto himpun, penjualan wholesales (pabrik ke dealer) FMI sendiri masih berada di angka 4.986 unit di 2015.

Mesin EcoBoost Ford
Mesin 1.0L EcoBoost Ford

Pencapaian tersebut memang anjlok jika dibandingkan dengan penjualan di tahun sebelumnya yang mencapai 12.008 unit. Sementara di 2016, penjualan Ford hanya sebesar 484 unit.

Sangat disayangkan, di awal tahun 2016 Ford Indonesia akhirnya memutuskan untuk menghentikan operasinya di Indonesia yang dimulai pada paruh kedua tahun 2016.

Padahal saat itu, Ford tengah memantapkan diri dengan memasarkan setidaknya lima line-up produk mereka yakni all new Ranger, all new Everest, all new Focus, all new Ford Escape dan all new Fiesta.

Selain itu, data terakhir per-September 2015, Ford Indonesia sendiri telah memiliki 47 dealer yang tersebar di seluruh Indonesia.

Surat Pernyataan Resmi Ford Motor Indonesia Tutup:

"Hari ini kami telah mengumumkan keputusan bisnis yang sulit untuk mundur dari seluruh operasi kami di Indonesia pada paruh kedua tahun ini. Hal ini termasuk menutup dealership Ford dan menghentikan penjualan dan impor resmi semua kendaraan Ford.

Kami ingin memastikan bahwa Anda dapat terus mengunjungi dealer Ford untuk semua dukungan layanan penjualan, servis, dan garansi hingga beberapa waktu ke depan tahun ini. Kami berkomitmen untuk menyediakan kesinambungan dukungan pelayanan servis dan garansi setelah kepergian kami dan akan menghubungi Anda lagi sebelum proses pergantian untuk memberitahukan mengenai pengaturan yang baru.

Kami berterima kasih atas minat, dukungan, dan kesetiaan Anda terhadap merek Ford. Dan kami akan terus mengkomunikasikan perkembangan yang ada melalui website ini dalam melalui fase peralihan ini.

Apabila Anda ada pertanyaan, silakan menghubungi Ford Customer Service kami di 0807-1-90-9000."

Hormat kami,
Bagus Susanto
Managing Director
Ford Motor Indonesia