POPULAR STORIES

Menperin Pantau Langsung Pabrik Perakitan Mobil Pedesaan

Menperin Pantau Langsung Pabrik Perakitan Mobil Pedesaan Menperin kunjungi pabrik perakitan KMW (Istimewa)

KabarOto.com - Menteri Perindustrian Republik Indonesia, Airlangga Hartarto melakukan kunjungan ke pabrik perakitan Alat Mekanis Multiguna Pedesaan (AMMDes) di PT Valesto Indonesia yang berada di Kawasan Industri Delta Silicon 3, Cikarang, Bekasi, Jawa Barat pada Kamis (5/7/2018).

Pabrik tersebut merupakan hasil kolaborasi antara PT Valesto Indonesia dengan PT Kiat Inovasi, yang direncanakan bakal menggunakan merek KMW yang merupakan kepanjangan dari Kiat Mahesa Wintor.

Baca juga: Mobil Pedesaan Akan Launching di GIIAS 2018

Dalam kunjungannya, Airlangga mendapatkan pemaparan secara rinci dari Direktur Valesto Indonesia, Reza Trietanto terkait proses perakitan mobil pedesaan KMW. "KMW akan diproduksi dengan 70 persen komponen lokal," ujar Reza kepada Menperin.

Mobil Pedesaan

Menurut rencana, KMW akan diluncurkan bersamaan dengan perhelatan Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2018 di bulan Agustus 2018 mendatang.

Mobil Pedesaan

Selain itu, Menperin pun menegaskan agar alat mekanisme multiguna pedesaan (AMMDes) mengoptimalkan tingkat kandungan komponen dalam negeri. Airlangga meyakini, industri dalam negeri telah mampu memproduksi sebanyak 185 jenis komponen atau 70 persen dari seluruh komponen yang dipakai oleh AMMDes.

"Saat ini perkembangan produksi AMMDes telah memasuki tahap finalisasi prototype dan uji coba, dan diharapkan KMW bisa mulai diproduksi secara massal mulai bulan Agustus 2018 mendatang," tukasnya.