POPULAR STORIES

Merawat Kampas Rem Ala Firman Mekanik Sumber Rizki Motor (SRM) Pamulang

Merawat Kampas Rem Ala Firman Mekanik Sumber Rizki Motor (SRM) Pamulang Firman mekanik Sumber Rizki Motor ( Foto: Yudi Atmajaya/KabarOto)

Kampas rem adalah salah satu bagian terpenting dalam kendaraan roda dua dan wajib hadir pada setiap kendaraan, oleh karena itu kondisi kampas rem harus selalu dalam keadaan yang selalu prima dan presisi. Berikut ini adalah cara merawat kampas rem ala bro Firman mekanik bengkel Sumber Rizki Motor (SRM) Pamulang.

Firman mekanik Sumber Rizki Motor ( Foto: Yudi Atmajaya/KabarOto)

Firman mekanik Sumber Rizki Motor ( Foto: Yudi Atmajaya/KabarOto)

  1. Selalu periksa kondisi dan posisi tromol, utamanya bagian penampang dudukan cakram, baik untuk teromol baru maupun teromol bekas. Bersihkan tromol terlebih dahulu dan pastikan penampang cakram dalam keadaan bersih, pastikan permukaan dudukan cakram rata, hal ini bertujuan agar piringan cakram berputar secara simetris sehingga beban kampas rem tidak terlalu berat.
  2. Sering membersihkan kaliper dan pin fleksiblenya, hal ini bertujuan agar tekanan yang diberikan kampas rem sama rata. Perhatikan jarak bebas antara piringan dan kampas rem, jika belum sempurna maka atur kembali dalam posisi yang tepat atau putar roda motor tersebut dan lihat piringan cakram tidak disarankan menyentuh kampas rem, berikan sedikit jarak, itu merupakan cara setting piringan dan kampas rem.
  3. Pastikan selalu bearing roda terlumasi dengan baik dan lakukan pelumasan secara berkala. Bagian ini bertujuan untuk menghindari terjadinya speling pada bearing, dan akibatnya bisa membuat piringan cakram bersinggungan dengan kampas rem, masalah tersebut sering dialami oleh pengendara motor, cara ini juga sering diterapkan oleh pecinta otomotif di Indonesia.
  4. Selalu rutin mengecek minyak hidrolik pada wadah oli rem. Biasa terjadi kebocoran apabila kerapatan kaliper rem bermasalah abkibat pemasangan yang kurang presisi. Kurangnya oli pun mempengaruhi kinerja rem cakram. Penggunaan minyak rem yang berkualitas pun memberikan dampak positif pada keamanan pemakaian rem tersebut.
  5. Berbeda dengan rem cakram, perawatan rem tromol lebih mudah karena tidak menggunakan sistem hidrolik. tetapi, diharuskan membongkar sistem rem untuk melihat kondisi kampas yang terdapat di dalamnya, memebersihkan kampas rem dari kotoran yang menempel serta bagian dalam tromol yang bersinggungan dengan kampas. Tidak lupa untuk mengecek tali rem yang mungkin membuat proses pengereman sedikit terhambat.
  6. Terakhir, disarankan untuk menggunakan rem dengan semestinya, saat berkendara usahakan jarak dengan kendaraan di depan tidak terlalu dekat, hal ini untuk menghindari penggunaan rem yang terlalu sering. Saat melakukan pengereman secara terus – menerus maka akan mengakibatkan kampas rem mudah tergerus, sehingga mengurangi umur kampas atau cepat habis. Sebenarnya merawat rem tidak sulit jika mematuhi tips dan panduan tersebut, serta menggunakan jasa service rem dengan semestinya.

Sekian Tips dan Cara Merawat Kampas Rem Motor Agar Awet yang dapat dijadikan referensi untuk para pengguna motor yang sangat menyayangi tunggangannya. Rem merupakan hal vital dalam berkendara, selalu memperhatikan kondisi rem adalah kewajiban bagi para pengguna kendaraan. Selalu ingat untuk mematuhi peraturan lalu lintas yang berlaku dan utamakan safety riding. Ungkap bro Firman si mekanik bengkel Sumber Rizki Motor (SRM).

Baca juga :