Merawat Satria FU 150 Yang Bunyi Kretek, Kretek Sangat Mudah, Nih Caranya

Merawat Satria FU 150 yang Bunyi Kretek, Kretek Sangat Mudah, Nih Caranya Tetapi penyakit yang dihadapi Satria FU berasal biasanya dari bagian rantai timing. Bahasa mekaniknya rantai keteng. (Foto: Istimewa)

Buat penunggang Satria FU 150 ada yang mengatakan bahwa merawat motor tersebut sangatlah sulit. Tetapi tidak juga. Mau tahu caranya agar bunyi kretek, kretek di Suzuki Satria FU 150 Anda hilang? Ini tips.

Mungkin saja penunggang Suzuki Satria FU 150 ada yang mengalami kejadian seperti ini, mesin dirasakan berisik, bunyi kretek, kretek, kretek.... Dari bunyinya memang membuat panik, tetapi jangan usah khawatir. Berdasarkan beberapa mekanik yang berhasil dijumpai kabaroto, permasalahan tersebut merupakan permasalahan yang biasa. Itulah karakter mesin 4-tak ber CC besar. Apalagi mesin Satria FU 150 berteknologi DOHC, Sebenarnya mesin berisik ada beberapa penyebab, mesin berisik disebabkan karena katup yang berbunyi, bunyi dari bagian piston, bunyi dari bagian rantai timing, bunyi dari bagian kopling, bunyi dari bagian crankshaft dan bunyi dari bagian transmisi.

Tetapi penyakit yang dihadapi Satria FU berasal biasanya dari bagian rantai timing. Bahasa mekaniknya rantai keteng. Kenapa berisik? Penyebabnya rantainya sudah tua. Begitu juga dengan sproket (gir) aus. Atau mungkin saja setelan rantainya tidak pas. Perlu di setel kembali.

Sederhana sih solusinya bro, cukup di cek alat penyetel otomatis rantai keteng. Cek apakah masih berfungsi atau tidak. Jika sudah tidak berfungsi maksimal ya memang musti diganti. Bila masih berfungsi, artinya perlu di setel lagi.

Tensionernya gak bener? Gini bro, kemungkinan cacat produksi memang ada, namun itu sangat kecil kemungkinannya. Apalagi perusahaan sekaliber Suzuki, pasti tidak sembarangan membuat suatu produk. Minimal mereka telah menerapkan quality control setaraf 6 sigma, bahasa umum dikalangan specialist quality control. Lalu yang menjadi pertanyaan berikutnya, bagaimana cara cek tensionernya berfungsi atau tidak?

1. Buka alat otomatis penyetel rantai keteng dari tempatnya. Gunakan kunci 8.
2. Setelah dibuka, dengan menggunakan obeng (-), kemudian langkah selanjutnya adalah masukkan ke dalam celah tegangan rantai cam dan putar searah jarum jam untuk mengendorkan tegangan, kemudian lepaskan obeng (-).
3. Untuk memastikan gerakan batang penekannya, bila batang penekannya macet, mekanisme pegasnya rusak ya harus diganti penyetel tegangan rantai keteng dengan yang baru.

Jadi, tidak perlu harus diganti tensioner adjusternya. Jika tak berfungsi barulah diganti dengan yang baru.

Baca Juga: