POPULAR STORIES

Mercedes-Benz 230 SL Pagoda Ini Butuh 1,5 Tahun Untuk Kembali Segar

Mercedes-Benz 230 SL Pagoda Ini Butuh 1,5 Tahun Untuk Kembali Segar Foto : KabarOto.

KabarOto.com - Merestorasi sebuah mobil klasik bukan perkara mudah, banyak part yang harus dicari atau bahkan dibuat ulang supaya kondisi mobil kembali segar seperti barunya. Salah satunya Mercedes-Benz 230 SL Pagoda tahun 1965 hasil garapan Retouch Pro.

Mobil ini butuh waktu 1,5 tahun untuk membangunnya hingga kondisi segar. Hampir seluruh bagian mulai dari bodi, mesin, interior semuanya digarap di bengkel yang berbasis di bandung tersebut.

"Jadi lama karena bodi kita kerok habis, lalu yang bodinya berkarat kita buang dan kita las lagi, baru kembali dicat. Semuanya dilepas hingga rangka saja," jelas Apay dari Retouch Pro.

Baca Juga : Rolls-Royce Silver Shadow II Bekas Seorang Ratu Mejeng Di IMX 2023

Tidak hanya mengerjakan bodi, mesinnya pun dibangun ulang semuanya dibersihkan hingga kalibrasi ulang agar mesin 6 silinder segaris 2.308 cc bertenaga 150 dk pada 5.500 rpm, dan torsi 196 Nm pada 4.200 rpm-nya lebih segar.

"Semua kondisi mesin disetel di luar mobil, jadi engine mounting dan sebagainya sudah siap di luar mobil jadi tinggal pasang. Tidak perlu repot untuk nunduk-nunduk lagi untuk setel mesin," ujar pria ramah itu.

Baca Juga : Subaru BRZ Lebih Galak Menggunkan Body Kit Demonsta Aero

Bagian interior pun digarap ulang, mulai dari pemilihan bahan kulit, karpet, hingga headunit yang sekarang bisa menggunakan bluetooth sembari mempertahankan tampilannya klasiknya. Namun memang masih ada beberapa elektrikal yang tidak berfungsi mengingat umur mobil ini.