POPULAR STORIES

Mercedes-Benz Pajang Sprinter Yang Telah Disulap Menjadi Ambulance Mewah

Mercedes-Benz Pajang Sprinter Yang Telah Disulap Menjadi Ambulance Mewah Mercedes Sprinter Ambulance (ist)

KabarOto.com - PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia (MBDI) ikut serta pada ajang 40th Indonesian International Hospital, Medical, Pharmaceutical, Clinical Laboratories Equipment & Medicine Exhibition (Hospital Expo).

Di pameran yang berlangsung pada 17-20 Oktober 2018 di Jakarta Convention Center (JCC) tersebut, Mercedes-Benz turut memamerkan Sprinter yang telah dirubah menjadi sebuah ambulance mewah.

Bukan sekadar ambulance, mobil ini mampu memberikan layanan darurat serta transportasi pasien secara aman. Menurut Aldo Rais, Key Account Manager Fleet, Used Car & Van PT MBDI, Sprinter versi ambulance ini tak hanya dipakai untuk mengantar pasien.

"Mercedes-Benz bersama dengan pemasok peralatan medis PT Global Nindia Prorescue, menampilkan Sprinter yang berfungsi untuk memberikan layanan darurat serta transportasi pasien secara aman," ujar Aldo.

PT Global Nindia Prorescue, yang merupakan distributor resmi dalam bidang peralatan keselematan & pertolongan darurat medis sejak tahun 2011, telah menetapkan standar yang sangat tinggi, dalam hal keselamatan pasien dan teknologi pada Sprinter ambulance.

Dilengkapi peralatan medis yang canggih

Bila dilihat kedalam, Sprinter ini memiliki perlengkapan medis yang sangat modern dengan spesifikasi Spencer, dan dapat digunakan untuk melakukan tindakan pertolongan pertama pada pasien sebelum sampai ke rumah sakit.

Selain itu, jarak dari dek ke plafonya pun terbilang tinggi, hingga menyentuh angka 1.9 meter. Sehingga dapat mengakomodasi bagi para staff medis agar dapat berdiri dengan leluasa dalam melakukan proses perawatan darurat ketika kendaraan sedang berjalan.

Interior yang lega

"Sprinter adalah van berukuran besar yang tepat untuk digunakan dalam segala situasi. Baik sebagai kendaraan transportasi perjalanan maupun layanan medis – Sprinter selalu memberikan pengalaman berkualitas tinggi khas Mercedes-Benz," jelas Kariyanto Hardjosoemarto, Deputy Director, Sales Operations and Product Management, PT MBDI.

Dia juga menambahkan, MBDI juga telah memperluas jajaran produk van Mercedes-Benz secara sistematis dengan menambahkan beragam varian yang berbeda.

Untuk bagian bodinya sendiri dikerjakan langsun oleh PT Cakra Kejora Mandiri, sebuah perusahaan produsen ambulance yang berlokasi di Tangerang, dan telah disertifikasi oleh Departemen Kesehatan. Perusahaan ini juga menawarkan beberapa jenis spesifikasi ambulance, yang sesuai dengan kebutuhan atau permintaan pelanggan.

Baca Juga: Mengenal Silsilah Generasi Monster “Godzilla” Nissan GTR-R

"Terlebih lagi, untuk para mitra kami, Sprinter juga dapat dimodifikasi dengan berbagai macam pilihan bentuk karoseri, dari Ambulans hingga konsep motor home mewah," ujar Kariyanto.

Sprinter ambulance

Mercedes-Benz Sprinter sendiri dipersenjatai dengan mesin 2.0 liter 315 CDI A2, yang sanggup menghasilkan tenaga sebesar 150 dk pada 3.800 rpm dan torsi maksimal 330 Nm pada 2.400 rpm. Mesin yang telah memenuhi spesifikasi Euro 3 itu menyalurkan tenaganya ke roda melalui transmisi manual 6 percepatan Eco Gear 360.