Mewaspadai Beli Motor Bekas Terendam Banjir

Mewaspadai Beli Motor Bekas Terendam Banjir Endapan tanah biasanya menempel pada motor yang terendam banjir

KabarOto.com - Tahun baru dimanfaatkan sebagian besar orang untuk membeli kendaraan seperti sepeda motor. Ini dampak dari bonus akhir tahun yang didapat oleh beberapa karyawan swasta. Kebanyakan mereka ingin membeli motor bekas, alasannya agar tidak mencicil dengan waktu yang panjang.

Nah, jika Anda termasuk orang yang berniat membeli motor bekas, sebelum membeli harus teliti dalam melihat kondisi motor. Jangan sampai membeli motor bekas terendam banjir. Iwan mekanik senior dari Kecapi Motor memberikan beberapa tips melihat kondisi motor bekas yang pernah terendam banjir.

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Ini Langkahnya

"Kalau mau beli motor bekas di diler atau langsung dari pemiliknya lihat dulu sambungan-sambungan dek, atau plastik pada bodi motor. Karena endapan tanah yang tertinggal pada bagian itu bisa terlihat, kalau tidak dibersihkan dengan benar," paparnya.

Di tempat yang berbeda Pian, punggawa bengkel Kawasaki Junior Produk (KJP) mengatakan, kalau mau membeli motor bekas periksa juga ikatan di kabel-kabel dan soket. Biasanya motor yang pernah terendam banjir tanah dan pasir masih nempel di bagian tersebut.

"Kalau motor habis kena banjir biasanya di bagian soket atau ikatan kabel suka ada pasir-pasir yang nempel, bagian itu kagak dibersihin biasanya, karena kagak terlihat," terangnya.

Selain itu juga periksa tombol-tombol pada bagian setang. Motor yang terendam banjir biasanya tombol-tombol tersebut seret karena ada bekas tanah yang menempel, tidak seperti biasanya, misalkan lampu sein atau lampu utama.

Baca Juga: Motor Terendam Banjir? Ini Langkahnya

Jika motor matik biasanya oli gardan sudah tercampur air, dan warnanya seperti susu. Selain itu bak CVT agak sulit untuk dibuka, karena baut-baut yang menempel dan berkarat karena bekas rendaman air bercampur tanah.