POPULAR STORIES

Mini Bus Nirsopir “WEpod“ Jalani Test Bawa Penumpang

Mini Bus Nirsopir “WEpod“ Jalani Test Bawa Penumpang WEpod adalah kendaraan yang berjalan sendiri tanpa kontrol dan tanpa pedal. Sepenuhnya otomatis bertenaga listrik (Foto: techradar.com)

Sebuah bus listrik Nirsopir yang diberi nama WEpod akhirnya resmi diluncurkan di jalan umum Belanda. Acara peluncuran ini juga di isi dengan sesi tes jalan langsung sejauh 200 meter dan ini merupakan uji coba pertama dari jenisnya di dunia. Bagaimanakah Mini Bus Nirsopir WEpod atau bus tanpa sopir ini menjalani aksinya?

WEpod sendiri merupakan salah satu armada mini bus Nirsopir, bus tanpa sopir yang akan diluncurkan di tahun mendatang. Kabarnya akan beroperasi di kota Belanda bagian tengah, Wageningen.

Kecepatan 8 km/jam, itu tidak akan menetapkan rekor kecepatan, "Tapi sebuah kendaraan tak berawak yang belum pernah digunakan di jalan umum," kata Direktur Teknis Proyek ini, Jan Willem van der Wiel, seperti dikutip dari laman DailyMail.

WEpod adalah kendaraan yang berjalan sendiri tanpa kontrol dan tanpa pedal. Sepenuhnya otomatis bertenaga listrik dengan enam penumpang dilengkapi pintu otomatis dan jalur untuk pengguna kursi roda. Kendaraan ini mempunyai tinggi 2,7 meter dan lebar 1,9 meter. Tentunya dengan kecepatan maksimum 40 km/jam. Namun ketika bus itu beroperasi di jalan kecepatan akan dibatasi 25km/jam.

Mini Bus Nirsopir menggunakan kamera, radar, dan sensor laser. WEpod bisa mengumpulkan informasi di sekitarnya. On-board komputer menggabungkan semua data dan memberikan perintah untuk rem dan kemudi.

Baca Juga: