Mitsubishi XM Concept Dijual Mulai Semester II 2017

Mitsubishi XM Concept Dijual Mulai Semester II 2017 XM Concept akan hadir di IIMS 2017 (foto: ist)

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) berencana akan menghadirkan mobil low MPV XM Concept secara resmi di ajang Indonesia International Motor Show (IIMS) pada 27 April-7 Mei 2017. Selanjutnya XM Concept versi produksi massal akan diperkenalkan ke luar Jawa seperti Pekanbaru dan Medan. Menurut Head of MMC Sales Group PT KTB Imam Choeru Cahya, setelah diperkenalkan di Medan mungkin akan ada teaser XM Concept.

Meskipun mobil low MPV XM Concept baru sebatas konsep, namun Mitsubishi memberi sinyal bahwa versi produksinya nantinya tidak jauh berbeda dengan konsepnya. Rencananya versi produksinya akan diproduksi pada kuartal ketiga 2017 atau pada Oktober dan mulai dijual pada semester kedua 2017. Saat ini peminat XM Concept menurut Imam Choeru Cahya sudah cukup banyak, tetapi PT KTB belum membuka daftar inden, termasuk penentuan harga pasti dan jumlah varian mobil low MPV itu. Setelah teaser keluar baru akan membuka inden.

Mobil XM Concept ini disebut akan menjadi pesaing ketat Avanza dan Xenia. Dengan visi gabungan antara MPV dan SUV atau lebih kurang seperti sebuah mobil tujuh penumpang dengan tampang seperti SUV. XM merupakan Small MPV dengan mesin berkapasitas 1.500cc yang bermain di segmen low MPV. Saat ini fasilitas pabrik baru Mitsubishi di daerah Deltamas, Jawa Barat yang akan menjadi tempat produksi XM Concept versi produksi massal juga siap beroperasi. Kapasitas produksi pabrik untuk memproduksi XM Consept cukup besar mencapai 80.000 unit pertahun. Untuk produksi awal, komponen lokal yang digunakan akan mencapai 67 persen.