POPULAR STORIES

"Mobil Alfabet" Karya Anak Bangsa Ini Berjaya Di Kancah Internasional

"Mobil Alfabet" Karya Anak Bangsa ini Berjaya di Kancah Internasional Xylone Margareth Andariska di ajang Toyota Dream Car Art Contest

KabarOto.com - Xylone Margareth Andariska sukses meraih medali emas di ajang International Toyota Dream Car Art Contest (TDCAC) yang digelar di Tokyo, Jepang, pada Rabu (29/8/2018). Adapun ajang tersebut merupakan perlombaan menggambar bertaraf internasional yang mengambil tema mobil impian masa depan.

Prestasi yang diraih anak bangsa tersebut tidak sampai disitu saja, namun Xylone pun turut meraih penghargaan tertinggi untuk Engineering Award. Di mana karya gambar Xylone dibuatkan miniatur dioramanya oleh tim engineer dari Toyota Japan.

Xylone yang masih berusia 7 tahun asal Bendul Merisi, Surabaya, merupakan salah satu wakil Indonesia di ajang TDCAC tingkat internasional. Lomba menggambar anak kelas dunia yang diikuti hampir 650.000 peserta dari 72 negara. Karya gambar Xylone memang unik dan menarik, yakni "Mobil Alfabet".

Baca juga: Toyota Bikin Edisi Khusus Vios Di Thailand

Uniknya, karya tersebut berawal dari keinginan Xylone yang ingin membantu sang adik yang kesulitan belajar membaca. Dari situ Xylone memiliki ide mobil masa depan di mana mobil-mobil tersebut bisa berkeliling untuk mengajarkan anak-anak membaca. Hanya uniknya mobil tersebut mobil desainnya berbentuk huruf-huruf alfabet. Ada mobil yang berbentuk huruf A, huruf B, C dan seterusnya.

Didier Leroy, Vice President Toyota Motor Corporation Japan mengatakan, “Mobil dari Indonesia, kami rasa memiliki ide yang orisinal dan dekat dengan kehidupan sehari hari dan membumi, karyanya bahkan menginspirasi untuk utilisasi mobil konsep Toyota e-pallete,” ujarnya.

“Saya ingin mobil ini [Alphabet Car] ada di kehidupan sehari-hari kita, sehingga orang-orang mempunyai kemudahan akses dalam belajar membaca. Saya yakin bahwa kemampuan membaca dan menulis akan membuka jalan di semua aspek kehidupan dan memberikan kesempatan bagi kita untuk mendapatkan kualitas hidup yang lebih baik,” demikian seperti mengutip dari deskripsi gambar Xylone.

Sementara Vice President Director PT Toyota-Astra Motor, Henry Tanoto, berharap di masa depan akan semakin banyak anak-anak Indonesia, yang ikut berpartisipasi dalam lomba TDCAC. “Sehingga dapat mewadahi generasi muda mengembangkan bakat seni dengan mendorong kreativitas mereka melalui proses menggambar mobil impiannya,” katanya.

Xylone merupakan pemenang pada ajang Local Contest di Indonesia kategori usia dibawah 8 tahun. World Contest TDCAC di Jepang berlangsung sejak tahun 2004 merupakan kontes yang ditujukan bagi anak-anak berusia di bawah 15 tahun di seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Kontes ini untuk berbagi ide mengenai mobilitas masa depan dengan cara menggambar mobil impiannya.