Mobil Balap Lawas Porsche Siap Dilelang

Mobil Balap Lawas Porsche Siap Dilelang

KabarOto.com – Porsche memang terkenal dengan model desain yang keren, sporty, dan performa kencang. Namun ternyata sebelum sebagus sekarang, ternyata dulunya Porsche memiliki desain yang membuat anda terkaget-kaget melihatnya.

Contohnya seperti Porsche Type 64 tahun 1939 ini, siapa sangka bahwa mobil dengan bentuk unik ini adalah mobil balap pada eranya.

Modelnya membulat seperti peluru, dengan teknologi sederhana tinggi pada eranya. Hanya terdapat lampu halogen biasa, gril kecil, dan pelek tertutup bodi jadi desain standar ketika balap endure pada saat itu. Bodinya memiliki basis dari Porsche Büro yang kembali didesain ulang dengan plat alumunium sehingga lebih aerodinamis.

Pokoknya jika melihat mobil ini, seperti bukan melihat Porsche yang kita kenal sekarang deh. Saat mengintip interiornya, hanya cukup untuk 2 orang, mungkin untuk pengemudi dan juga navigatornya saat itu. Setirnya tentu masih menggunakan model kayu, dasbor juga masih menjadi satu dengan plat bodi tanpa cover plastik atau apapun, namun baiknya masih ada speedometer model jarum dengan cover kayu. Bahkan jika kita melihat doortrim-nya masih menggunakan bahan sejenis kain dan pembuka pintu menggunakan tali tambang loh! unik banget yah mobil jadul ini.

Untuk mesinnya ditaruh pada bagian belakang, menggunakan mesin flat four, dengan tenaga yang mencapai 32 dk.

Baca juga : Mobil Langka Ferrari 250 GT Tour De France Berlinetta 1958 Akan Masuk Lelang

Gord Duff, Ketua Pelelangan Global RM Sotheby's, mengatakan “Kami mendapat kehormatan untuk menghadirkan beberapa mobil paling penting dalam sejarah, salah satunya adalah Type 64 ini. Type 64 membantu mendefinisikan apa itu mobil sport hari ini.”

Type 64 ini cukup lama dimiliki oleh Ferry Porsche yang kemudian direstorasi ulang oleh Battista Farina tahun 1947. Lalu pada tahun 1949 dijual kepada pembalap Austria bernama Otto Mathé dimana ia juga memenangkan Alpine Rally tahun 1950. Terakhir Otto mengendarai mobil ini pada ajang Monterey Historic Automobile Races di Monterey, California, tahun 1982. Hanya ada 3 buah Type 64 yang pernah dibuat, satu diantaranya sudah rusak saat awal perang dunia kedua.

Pelelangan akan mulai dilaksanakan pada 15 – 17 Agustus 2019 mendapat. Jika tertarik dengan mobil ini, bisa tuh langsung kunjungi website rmsothebys.com.