POPULAR STORIES

Mobil Formula Bikinan ITS Sapuangin Speed 6 Resmi Meluncur

Mobil Formula Bikinan ITS Sapuangin Speed 6 Resmi Meluncur Mobil Balap Sapuangin bikinan anak ITS siap berlaga di Jepang (Istimewa)

KabarOto.com - Mobil Formula bikinan mahasiswa ITS Surabaya, Jawa Timur, lewat tim Sapuangin (SA) resmi diluncurkan. Rencananya mobil balap ini akan diikutsertakan dalam ajang Student Formula Japan 2018 di Ecopa Stadium, Shizuoka Prefecture, Jepang pada 4-8 September 2018.

PT Pertamina Lubricant melalui Sales Region Manager V Jatim Balinus, Budi Suharyanto mengatakan, sebagai produsen pelumas nasional, Pertamina senantiasa mendukung kegiatan yang membuktikan prestasi Indonesia di kancah International.

"Kami hadir sebagai bentuk dukungan serta apresiasi terhadap pretasi anak bangsa. Tentunya kami bangga bisa menjadi bagian dari inovasi dan kreativitas generasi penerus negeri ini untuk mengharumkan nama Indonesia," katanya dalam keterangan pers yang diterima Kabaroto.com Selasa, (28/8/2018).

Dia menambahkan, hal ini selaras dengan visi perusahaan menjadi perusahaan pelumas kelas dunia. Saat ini, Pertamina Lubricants agresif memasuki pasar over seas, di mana sudah memasuki lebih dari 14 negara yang didukung fasilitas produksi di dalam dan luar negeri.

“Tim Sapuangin fokus untuk menciptakan dua jenis mobil, yaitu mobil hemat energi dan mobil formula. Mobil formula karya ITS Team Sapuangin sudah mencapai generasi ke-6,” ujar Wakil Rektor I ITS, Profesor Heru Setyawan.

Pencapaian Sapuangin sendiri sudah terbilang bagus di mata dunia, terutama dalam ajang Student Formula Japan. Terbukti dari prestasi-prestasi yang diraih, seperti menjadi Best Rookie Award, atau sebagai pendatang pertama terbaik pada 2013, serta peringkat Sapuangin yang menunjukkan tren meningkat selama keikutsertaannya.

Selain dari ITS, tercatat terdapat beberapa universitas lain yang juga akan berlaga di kompetisi tersebut, yaitu Universitas Indonesia (UI), Universitas Gajah Mada (UGM), Universitas Negeri Yogyakarta (UNY), Universitas Islam Indonesia (UII) dan Universitas Negeri Sebelas Maret (UNS).

Berita Terkait

Berita Terkait