POPULAR STORIES

Mobil Kebanjiran? Segera Lakukan Hal Ini

Mobil Kebanjiran? Segera Lakukan Hal Ini

KabarOto.com - Curah hujan tinggi yang mengakibatkan banjir di berbagai wilayah Indonesia, lalu bagaimana langkah awal yang harus dilakukan dengan kendaraan yang sudah terendam banjir?

KabarOto pun menyambangi bengkel spesialis mesin H2 di kawasan Ciater, Tangerang Selatan dan toko aki Suka Hati Battery di kawasan Pamulang II, Tangerang Selatan dan menanyakan tindakan yang harus dilakukan saat kendaraan terlanjur terendam banjir.

"Transmisi manual lebih mudah ditangani jika sudah terlanjur (terendam), pindahkan mobil ke tempat aman dengan cara didorong saja dengan minta bantuan tenaga orang lain. Ya supaya kerusakannya tidak merembet lebih parah lagi jika didiamkan terendam lama," ujar Harry selaku pemilik bengkel H2.

Baca Juga: Ini Galeri Kendaraan Yang Terkena Musibah Banjir

Sedangkan Iwan selaku pemilik toko Suka Hati Battery bilang, lepaskan kabel aki pada masing-masing kutub untuk memutus kelistrikan yang ada di dalam mobil. "Kita cegah supaya air yang merupakan penghantar yang baik menyebabkan arus pendek atau korsleting," ujar pehobi olahraga futsal tersebut.

Harry pun menekankan, mobil hanya boleh digunakan kembali hanya saat oli sudah tidak tercampur dengan air. "Jika sudah dalam kondisi tercampur, kuras dan ganti dengan yang baru agar terhindar dari kerusakan lain yang lebih parah jika mobil dinyalakan," ujar pria bertubuh gempal itu.

Setelah hal tersebut dilakukan, selanjutnya Harry menyarankan agar segera panggil montir untuk keperluan darurat sehingga dapat dilakukan pengecekan lebih lanjut.