POPULAR STORIES

Mobil Kerjasama Toyota Dan Suzuki Diluncurkan Akhir Tahun

Mobil Kerjasama Toyota dan Suzuki Diluncurkan Akhir Tahun Foto: The Financial Express

KabarOto.com - Mungkin Sobat KabarOto pernah dengan pabrikan Toyota dan Suzuki memang tengah melakukan kolaborasi untuk pengembangan bisnis di India. Terdengar kabar, mobil pertama hasil kerjasama Toyota dan Suzuki ini, adalah Suzuki Baleno dengan emblem Toyota.

Dikutip dari Rushlane, Senin (14/1/2019), peluncuran Suzuki Baleno bermerek Toyota ini kabarnya akan meluncur paruh kedua tahun fiskal 2019-2020. Suzuki sendiri memang dinilai merupakan pemimpin pasar di India, dan Toyota tak menyia-nyiakan momen itu.

Dengan begitu, raksasa asal Jepang setidaknya bisa mengambil beberapa pangsa pasar di India, Toyota mengembangkan fitur dan berbagai penyesuaian untuk versi Baleno sendiri.

Pada Maret 2018, kedua perusahaan ini sepakat saling memasok kendaraan hybrid dan lainnya. Suzuki bakal memasok Baleno dan Brezza ke Toyota, sedangkan Toyota bakal mengirim Corolla hybrid untuk Suzuki.

Baca Juga: Suzuki Kembali Gratiskan Service Untuk Konsumen Di Lombok

Kerjasama ini alih-alih untuk mengembangkan R&D produk serupa, namun cenderung berkolaborasi saling menguntungkan dengan suku cadang dan berbagai platform.

Selain itu, keduanya juga sepakat untuk memperluas kerjasama, seperti kendaraan yang dikembangkan Suzuki untuk dijual melalui Toyota ataupun Suzuki.

Sementara itu, bagi Toyota, Baleno akan memberikan impresi yang baik di segmen hatchback dengan kompetisi ketat di India.

Strategi seperti ini juga digunakan oleh Renault, Mitsubishi, dan Nissan. Jadi, diharapkan kesuksesan sebelumnya juga bisa dinikmati oleh Toyota-Suzuki.