Mobil Langka Mercedes-Benz 500 TE AMG Ini Dilelang, Berminat? Ini Spesifikasinya

Mobil Langka Mercedes-Benz 500 TE AMG Ini Dilelang, Berminat? Ini Spesifikasinya Foto: Tom Wood / RM Sotheby's

KabarOto.com - Salah satu mobil pabrikan Mercedes-Benz yang terkenal dengan unit terbatasnya adalah varian 500 TE AMG. Mengapa? karena pada masanya, pabrikan asal Jerman tersebut belum bergabung dengan tuner AMG, lagipula, unit Mercedes-Benz 500 TE-nya sendiri termasuk jarang ditemui bahkan di negara asalnya.

Huruf 'TE' pada Mercedes-Benz 500 TE merupakan singkatan dari Touring Edition atau yang kita kenal dengan tipe wagon. Untuk varian sedan 4 pintu atau saloon-nya, Mercedes-Benz bahkan hanya membuat 10.479 unit sepanjang 1990 hingga 1995.

Mercedes-Benz 500 TE dilengkapi mesin dengan kode M117 berkonfigurasi V8 dengan kapasitas 5000 cc dengan tenaga 276 dk. Sedangkan pada seri non-AMG, seri chassis W123 ini dilengkapi pilihan mesin diesel dan bensin dengan mesin bertenaga mencapai 182 dk dan torsi 173 Nm.

Baca Juga: Mercedes-Benz W201 190E Ini Dimodifikasi Ala Goin Style

Meski tak mengetahui persis, rumah lelang RM Sotheby's mengklaim bahwa hanya beberapa unit dari Mercedes-Benz 500 TE AMG ini yang masih tersisa. Salah satu yang berhasil terselamatkan dengan baik adalah Mercedes-Benz 500 TE AMG yang masuk rumah lelang tersebut.

Meski tak dalam kondisi orisinil, namun rumah lelang tersebut menyatakan bahwa mobil ini berada di tangan yang tepat sebelumnya, yakni seseorang yang mengerti betul cara merawat dan memodifikasi sebuah mobil ikonik.

Dari segi eksterior terlihat beberapa perubahan jelas seperti skid plate, flare, hingga di bagian suspensi. Sedangkan bagian mesinnya dilakukan perubahan pada oil cooler, header dan downpipe. Berminat meminang?