Mobil-mobil Dengan Mesin Kecil Ini Dibekali Turbocharger

Mobil-mobil dengan Mesin Kecil Ini Dibekali Turbocharger Daihatsu Taft

KabarOto.com - Menarik perhatian konsumen dengan teknoloigi terbaru, dilakukan oleh produsen mobil di seluruh dunia. Salah satunya Daihatsu, pabrikan asal Jepang ini menyematkan teknologi turbocharger pada beberapa modelnya.

Meski beberapa model Daihatsu di Jepang memiliki kapasitas mesin kecil, namun dapat memiliki performa rata-rata hingga 30% dari kemampuan kapasitas mesin aslinya. Contohnya Daihatsu Tanto, dengan mesin berkapasitas 660 cc, performanya setara dengan mobil berkapasitas 1.000 cc.

Baca Juga: 4 Model Daihatsu Ini Harganya Segera Turun, Menyesuaikan PPnBM

Daihatsu Rocky

Komponen turbocharger fungsinya mengadaptasi sistem dengan cara mendorong induksi di dalam mesin mobil dengan memanfaatkan gas buang dari mesin, untuk menghasilkan udara dalam jumlah besar menuju silinder untuk pembakaran.

Turbocharger ini memanfaatkan aliran udara hasil pembakaran di saluran buang, sebagai sumber energi. Dengan begitu, kendaraan yang diproduksi oleh Daihatsu ini lebih ramah lingkungan.

Sekedar informasi, Daihatsu di Jepang sudah memperkenalkan 3 produk baru dalam 2 tahun terakhir, yaitu Daihatsu New Tanto, Daihatsu Rocky dan Daihatsu Taft pada tahun 2020. Ketiganya sudah mengaplikasikan teknologi turbocharger.

Daihatsu Tanto

Baca Juga: Terjual 3.046 Unit, Gran Max Pikap Jadi Andalan Daihatsu

Anjar Rosjadi, Head of MPPD (Marketing Product Planning Division) PT Astra Daihatsu Motor (ADM) mengatakan, sebagai salah satu produsen mobil yang selalu berinovasi dalam mengembangkan setiap produknya, Daihatsu selalu berusaha memenuhi permintaan pelanggan yang menginginkan sebuah kendaraan dengan performa tinggi, dan lebih ramah lingkungan.