Mobil Terberat Di Dunia Bukan SUV, Tapi Limousine Ini!

Mobil Terberat di Dunia Bukan SUV, Tapi Limousine Ini!

KabarOto.com – Apakah mobil paling berat di dunia? Mungkin banyak orang mengira kalau mobil berat itu indentik dengan SUV layaknya Hummer, Jeep, dan sebagainya. Namun nyatanya mobil terberat di dunia dipegang oleh mobil limousine.

Siapa sangka kalau Mercedes-Maybach S600 Pullman Guard tahun 2017 jadi mobil massal paling berat di dunia?

Beratnya tercatat sekitar hampir 5.100 kg berat kosong dan 5.600 kg berat kotor. Jika dibandingkan Hummer EV sekitar 4.103 kg, lalu Jeep Wrangler lebih ringan yakni 2.499 kg. Dengan dimensi panjang 6.500 mm, lebar 1.899 mm, wheelbase-nya 4.418 mm, dan tingginya 1.598 mm.

Baca Juga : Toyota Mirai Cetak Rekor Dunia, Jalan 1.360 Km Sekali Isi Hidrogen

Kabin dibuat seperti lounge untuk mempermudah berkomunikasi

Mobil itu dibekali pertahanan kelas VR9, yang mampu mempertahankan beberapa tembakan dari senjata bertenaga tinggi seperti senapan mesin M60, dan senapan M14. Lalu sertifikasi ERV 2010 yakni tahan ledakan TNT Trinitrotoluene 15 kg dari jarak 200 meter.

Makin berat akibat tambahan kaca anti peluru dan ledakan

Dibekali mesin konfigurasi V12 twin-turbo berkapasitas 5.980 cc, mampu menghasilkan tenaga puncak 530 dk, dan torsi sebesar 830 Nm, dengan tenaga itu mampu melesatkan mobil berat ini hingga kecepatan maksimal 160 kpj.

Baca Juga : Tesla Catatkan Rekor Penjualan Tahun 2021

Menggunakan transmisi tujuh percepatan otomatis dengan speedshift manual shift mode, disalurkan ke roda belakang. Akselerasinya dari 0 hingga 100 kpj tuntas dalam waktu 8,6 detik.

Sebenarnya ada yang lebih berat, seperti Cadillac One mobil kepresidenan Amerika Serikat yang bobotnya hampir mencapai delapan ton, dengan ketebalan bodi delapan inci, dan sasis sudah diperkuat agar anti ledakan, serta kaca polikarbonat lima lapis anti peluru. Namun kembali lagi, itu merupakan mobil dinas resmi kepresidenan.

Selain itu, ada limousine Midnight Rider yang mendapat gelar Guinness Book World Record pada 2004 sebagai limousine terberat dan terluas di dunia. Namun itu ditarik oleh sebuah truk jadi bisa dibilang kita akan duduk di dalam sebuah kontainer mewah. Memiliki panjang hampir 21 meter, dengan bobot 25 ton.