POPULAR STORIES

Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya

Mobil Tidak Dipakai Lama Harus Ganti Oli? Begini Jawabannya Foto : Tunas Toyota.

KabarOto.com - Jika mobil aktif dan sering digunakan, sudah wajib harus mengganti oli secara berkala, agar kondisi mesin dalam kondisi yang prima. Namun apakah mobil yang jarang digunakan harus mengganti oli?

Jawabannya harus mengganti oli juga, anjuran menyebutkan oli harus diganti dalam waktu 6 bulan atau setiap 5.000 km mana yang tercapai duluan. Sehingga bukan berarti kalau mobil banyak diam tidak perlu ganti oli.

Baca Juga : LMPV Dan LCGC Masih Mendominasi Pasar Mobil Bekas

“Sebenarnya mobil yang banyak diam, bahkan tidak dipakai 0 km pun itu harus ganti oli juga, kalau jaraknya tidak sampai 5.000 km ya berarti harus 6 bulan sekali," ujar Yuda Resigama selaku owner AHT Garage.

Telat mengganti oli lama-kelamaan oli akan teroksidasi dengan air, dan jika sudah teroksidasi, bisa menjadi sludge atau lumpur, bisa juga merusak pompa oli saat mobil dinyalakan.

Baca Juga : Pentingnya Cek Ban Sebelum Mudik Ke Kampung Halaman

Oleh karena itu, lebih baik sebenarnya mobil setidaknya dipanaskan sekitar 10 menit cukup, bawa keliling rumah sebentar agar oli bersirkulasi. Ini juga berdampak ke komponen lain, misalnya mensirkulasi ruang bakar, memastikan fungsi AC, hingga ban supaya tidak tertumpu di satu bagian yang menyebabkan perubahan bentuk, dan lainnya.