POPULAR STORIES

Modifikasi Sound System New Kijang Innova Ala Johny Chandra

Modifikasi Sound System New Kijang Innova Ala Johny Chandra Modifikasi sound system New Kijang Innova. (Foto: Istimewa)

Karena perubahan model yang sangat drastis termasuk juga desain dashboard yang tidak rata membuat pengguna Toyota New Kijang Innova merasa agak sedikit kesulitan untuk memodifikasi sound system dengan kualitas yang baik.

Kondisi ini juga menyulitkan modifikator untuk melakukan pemasangan dalam hal panggung suara. Namun tidak dengan Johny Chandra. Ia tertarik untuk membuat mobil New Toyota Kijang Innova nya diinstal audio system berkarakter Sound Quality (SQ).

“Tantangannya adalah dashboard Kijang Innova baru yang agak melengkung di sebelah kanannya. Makanya harus dibutuhkan penempatan speaker yang benar agar mendapatkan staging dan imaging yang baik,” tegas Johny.

Untuk membuat sukses modifikasi sound systemnya, Johny merancang tempat tweeter dan midrange yang sedikit lebih unik. “Dibuat agak ke atas supaya pantulan suara tidak langsung ke dashboard. Hasilnya suara dari speaker kiri dan kanan bisa seimbang,” jelas Johny. Sementara midrange juga mendapat perlakuan khusus dari Johny. Ring untuk dudukan midrange dibuat dari aluminium, jadi suaranya bisa bersih dan solid.

Sedangkan untuk nada rendah, ia mengandalkan subwoofer berukuran 27 cm yang ditempatkan di bagian paling belakang New Toyota Kijang Innova. Kemudian, ditempatkan pula power amplifier, supaya semakin menarik maka kosmetik audio dikemas dalam desain yang sederhana namun tetap menarik. Tujuannya adalah agar bangku baris ke-3 masih bisa digunakan.

Karena pemasangan ditujukan untuk hiburan saja, maka Johny lebih memilih head unit double-din pada Kijang Innova dibandingkan dengan single-din khusus untuk sound quality. Apalagi sudah ada sepasang LCD model clip on untuk penumpang belakang untuk penegasan kebutuhan. “Supaya penumpang belakang juga bisa menikmati film,” tutur Johny.

Penumpang bagian belakang pun dimanjakan dengan speaker 2-way dimana tweeter ditempatkan di pilar D, dan midbass-nya di doortrim pintu tengah bawaan Kijang Innova. “Speaker belakang tetap diatur dari processor, dan akan diaktifkan jika ada penumpang belakang. Kalau sedang sendiri, cukup speaker depan saja yang aktif supaya fokus,” katanya.

Setup audio yang dilakukan Johny pun sudah sesuai ekspektasi Johan sang pemilik. “Dia memang suka lagu-lagu audiophile, pop, dan juga nonton film. Ada kemungkinan Kijang Innova ini coba diikutsertakan kontes audio sesudah break in,” tutup Johny.

Baca Juga: