POPULAR STORIES

Morgan XP-1 Konsep Mobil Listrik 3 Roda

Morgan XP-1 Konsep Mobil Listrik 3 Roda Morgan XP-1 konsep (Foto : Morgan Motor Company)

KabarOto.com - Jika kalian mencari mobil listrik unik, Morgan XP-1 mungkin bisa jadi pilihan utama. Walau masih berupa konsep, namun tampilannya sudah mirip seperti versi produksi dengan kesan retronya.

Kemungkinan mobil ini memiliki dimensi panjang 3.581 mm, lebar 1.850 mm, dan tinggi 1.132 mm, dengan bobot lebih berat dari versi bensinya sekitar 700 kg. Bodinya pun terbuat dari aluminium sehingga bobotnya bisa terjaga.

Jika biasanya di bagian depan dibuat sebagai tempat mesin kini tampak seperti gril, dengan soket pengisian. Lampu pakai model bulat serta memiliki teknologi LED.

Bagian kaki-kaki tampaknya masih sama, pakai pelek depan menggunakan ukuran 20 inci berbalut ban yang ukurannya unik yakni 130/90 R20. Sementara roda belakang hanya satu ukuran 15 inci dibalut ban 195/65 R15.

Dengan sistem rem sudah disc brake di depan yang mungkin jadi rem regeneratif, sementara suspensi menggunakan tipe multi-link di depan, dan twin-beam swingarm dengan sokbreker coilover.

Akses ke mobil ini juga tinggal loncat ke bagian dalam, tanpa perlu pintu. Kapasitasnya hanya untuk dua orang, joknya berbalut kulit dan semuanya masih basic setir model racing, tanpa ada fitur seperti AC atau head unit.

Hanya ada instrumen cluster digital untuk memberikan informasi soal kecepatan, posisi penggerak, kapasitas baterai, sisa jarak tempuh, suhu baterai dan sebagainya yang berfungsi sebagai informasi penting untuk pemilik.

Kabarnya ada beberapa mode berkendara. Serta kelebihan lainnya adalah kabin mobil ini seharusnya sudah IP64 sehingga tahan debu dan air, mengingat tidak ada atap sama sekali.

Belum ada penjelasan sama sekali soal tenaga, harga dan detail lainnya, sebab Morgan baru mengembangkan mobil ini selama 18-24 bulan ke depan sebelum benar-benar diproduksi secara masal.