Adira Insurance Berikan Indonesia Road Safety Award (IRSA) Kepada Kabupaten Dan Kota

Adira Insurance Berikan Indonesia Road Safety Award (IRSA) Kepada Kabupaten dan Kota Saat Konferensi Pers Indonesia Road Safety Award 2016 (Foto: Kabaroto/Yudi Atmajaya)

Adira Insurance, melalui kegiatan tanggung jawab sosial masyarakat yang dimilikinya yanitu kampanye I Wanna Get Home Safely!, kembali menggelar program Indonesia Road Safety Award (IRSA) sebuah penghargaan kepada kota dan kabupaten terbaik yang telah menerapkan program-program terkait keselamatan jalan. Semangat dari program IRSA adalah untuk memberikan dukungan kepada pemerintah kota dan kabupaten agar terus bekerja keras menerapkan pilar-pilar keselamatan jalan di lingkungan pemerintahannya sehingga tercipta keselamatan lalu lintas jalan.

Setelah sukses dilaksanakan mulai tahun 2013, IRSA kembali dilaksanakan untuk keempat kali nya pada tahun 2016 ini. IRSA 2016 kali ini di selenggarakan dengan berbagai perbaikan guna meningkatkan kualitas pelaksanaan program. Pada tahun 2016 ini, perbaikan-perbaikan yang dilakukan adalah menambah jumlah jalan untuk dilakukan observasi, meningkatkan kuota responden survei pejalan kaki, dan beberapa perbaikan lainnya dengan tujuan agar semakin objektif dan komperhensif dalam melakukan penilaian.

Penilaian IRSA mengacu pada atribut lima pilar yang terdapat dalam rancangan Umum Nasional Keselamatan Jalan (RUNK) yang terdiri dari :

Pilar 1 Manajemen keselamatan jalan (safer Managementnya).

Pilar 2 Jalan yang berkeselamatan (safer Road).

Pilar 3 Kendaraan yang berkeselamatan (safer vehicle).

Pilar 4 Perilaku pengguna jalan yang berkeselamatan (safer user).

Pilar 5 Penanganan Pra dan Pasca Kecelakaan (pre and post-cash response).

Kategori Finalis IRSA 2016 yaitu:

1. Kuota dengan jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa.

2. Kuota dengan jumlah penduduk di bawah 1 juta jiwa.

3. Kabupaten dengan jumlah penduduk di atas 1 juta jiwa.

4. Kabupaten dengan jumlah penduduk di bawah 1 juta jiwa.

Pada IRSA 2016, total kuota dan kabupaten yang ikut serta dalam IRSA 2016 adalah sebanyak 110 kota dan kabupaten. Dari 110 kota dan kabupaten peserta tersebut, terdapat 92 kota dan kabupaten melalui mekanisme pendaftaran serta 18 kota dan kabupaten yang direkomendasikan oleh pakar road safety. Jumlah pendaftaran mengalami kenaikan 51? dari total peserta IRSA 2015 yang mendaftar.

Baca juga :