Motor Tercepat 1953, Terjual Sebesar Rp 12 Miliar

Motor Tercepat 1953, Terjual Sebesar Rp 12 Miliar Vincent Black Lightning keluaran 1951 (Bonhams)

KabarOto.com - Tercatat dalam sejarah pada tahun 1953 seorang pembalap bernama Jack Ehret berhasil menorehkan rekor adu kecepatan.

Mencapai kecepatan 227,7 km/jam pada sebuah landasan di Australia, dengan menggunakan motor Vincent Black Lightning keluaran 1951, yang kini dilelang dan terjual dengan harga sebesar Rp 12 Miliar pada pelelangan Bonhams di Las Vegas pertengahan Januari 2018 lalu.

Baca Juga: Motor Custom Anak Bangsa Kembali Bikin Geger

Motor Vincent Black Lightning yang hanya diproduksi sebanyak 33 unit ini menjadi salah satu sejarahnya. Dari 33 unit yang dibuat, motor yang dilelang menjadi unit terlengkap dan utuh dari 19 unit yang ada.

Keunikan lainnya terdapat pada catatan odometernya. Meski berumur 66 tahun, catatan jarak yang ditempuhnya baru menunjukkan angka 8.587 km.

kabarOto

Black Lightning diluncurkan pada tahun 1948 di London Earls Court Show. Motor yang dirakit di Stevenage, Inggris itu menggendong mesin V-twin 50 derajat, kapasitas 998 cc, berpendingin udara.

Meski masih berpenggerak katup model push rod, tetapi kompresinya mencapai 13:1. Sehingga motor hanya bisa menggunakan bahan bakar metanol pada saat itu.

Selain itu, mesinnya pun dilengkapi berbagai komponen high end performance pada masanya. Seperti cam Mark II Vincent dengan overlap dan bukaan tinggi, connecting rod Vibrac, roda gila polished dan piston Specialoid, serta ruang bakar yang dipoles.

Di bagian intake, valve rocker dan inlet port, serta karburator twin-nya produk Amal 10TT9. Di bagian mekanikal, kopling pelat tunggalnya buatan Ferodo dengan cover berlubang untuk pendinginan. Transmisi pakai 4 percepatan untuk menyalurkan tenaga sebesar 70 dk pada roda belakang.

kabarOto

Berita Terkait

Berita Terkait