POPULAR STORIES

Mudik Pakai Mobil? Ini Tips Maksimalkan Barang Bawaan Dari Auto2000

Mudik Pakai Mobil? Ini Tips Maksimalkan Barang Bawaan dari Auto2000 Kabaroto, Auto2000

KabarOto.com - Momen Lebaran 2022 sudah semakin dekat, Sobat KabarOto yang punya rencana mudik menggunakan mobil pribadi wajib mempersiapkan perjalanan dengan matang.

Salah satu hal yang penting diperhatikan adalah pengaturan muatan penumpang dan barang di mobil. Berikut tips dari Auto2000 yang bisa jadi pertimbangan ketika melakukan pengaturan barang, sebelum memulai perjalanan.

1. Hitung Daya Angkut Mobil

Caranya dengan menghitung daya angkut maksimal mobil yang bisa dilihat pada buku manual atau menghitung load index ban. Pastikan jumlah penumpang tidak melebihi aturan," ujar Nur Imansyah Tara selaku Aftersales Business Division Head Auto2000, Senin (25/04).

Selanjutnya, perkirakan berat total penumpang yang akan ikut sehingga didapatkan berat total barang yang boleh dibawa. Meskipun sebatas perkiraan, namun dapat membantu mencegah mobil kelebihan muatan. Sobat dapat berdiskusi dengan Service Advisor Auto2000 untuk lebih mudah.

Baca juga: Naik Hingga 35 Persen, Ini Kesiapan Pertamina Untuk Pemudik Jelang Lebaran

2. Manfaatkan Bagasi Seoptimal Mungkin

Sobat dapat meletakkan barang paling berat seperti kopor besar di bagian dalam sisi tengah bagasi, terutama untuk bagasi terpisah seperti mobil sedan. Selanjutnya, barang yang lebih ringan ke sisi kiri kanannya dengan posisi saling mengunci agar tidak mudah bergerak. "Jangan menumpuk barang melebihi tinggi sandaran jok belakang, karena bisa mengganggu pandangan pengemudi dan mencegah berhamburan pada saat darurat," tegasnya.

3. Menyimpan Barang di Kabin Penumpang

"Jangan asal meletakkan barang bawaan di dalam kabin. Makanan dan minuman ringan serta mainan anak bisa diletakkan dalam wadah khusus. Manfaatkan rongga penyimpanan di pintu, konsol tengah, dasbor, di balik sandaran bangku, kolong bangku mobil juga dapat diselipkan barang bawaan kecil," ujarnya.

4. Gunakan Roof Box di Atap Mobil

Gunakan roof box supaya daya angkut mobil meningkat dan membuat kabin menjadi lebih lega dan nyaman. Namun, jangan sampai belebihan meletakkan barang di roof box. Kemudian hati-hati dan penuh perhitungan saat melewati portal jalan atau gerbang tol otomatis karena dapat tersangkut.

Baca juga: Perhatikan Beberapa Persiapan Mudik Pakai Sepeda Motor

5. Hati-hati Ketika Mengemudi Mobil

Mobil dengan muatan penuh akan berubah titik keseimbangannya sehingga perlu pengendalian lebih hati-hati. Atur kecepatan jangan sampai berlebihan menghindari pengereman mendadak. Sobat harus lebih sabar dan waspada untuk mencegah risiko kecelakaan.

6. Perhatikan Kondisi Mobil

Ada beberapa bagian kendaraan yang akan bekerja keras ketika daya angkut mobil mencapai titik maksimal, yaitu mesin, sokbreker dan rem mobil. Demi keamanan dan kenyamanan, Sobat perlu memeriksa kondisi mobil sebelum mudik atau libur Lebaran dengan melakukan servis berkala di bengkel.

“Utamakan keselamatan. Pastikan mobil tidak kelebihan muatan dan lakukan pengaturan barang dengan baik untuk menjaga kenyamanan dan keamanan bersama. Anda perlu menjaga mobil dalam kondisi prima dengan melakukan servis berkala sebelum bepergian jauh,” tutupnya.