POPULAR STORIES

Mudik Pakai Motor Matik? Simak 5 Poin Ini Agar Tak Celaka Di Perjalanan

Mudik Pakai Motor Matik? Simak 5 Poin Ini Agar Tak Celaka di Perjalanan Ilustrasi motor matic (Kipli/YRA)

KabarOto.com - Pengguna motor matik modern saat ini dimanjakan dengan segudang fitur dan teknologi. Seperti efisiensi mesin, segi handling, fitur hingga dimensi yang mendukung untuk membawa barang.

Danang Hermanto selaku instruktur dari Yamaha Riding Academy (YRA) Yogyakarta menjelaskan beberapa tips berkendara membawa barang dengan motor matik.

1. Saat menempatkan barang di atas motor, jika ukuran barang cukup besar, pastikan motor dalam keadaan standar tengah. "Hal ini akan membuat motor lebih rata, sehingga lebih mudah untuk mengikat barang ukuran besar," ujarnya.

Baca Juga: Tips Berkendara Motor Saat Puasa Ala Astra Honda Motor

2. Boleh saja membawa barang dengan cara menggantungkannya di fitur double hook. Namun, menurutnya perlu diperhatikan untuk menghindari beban yang berlebihan karena akan mengurangi keseimbangan berkendara.

3. Dimensi dari barang yang digantung juga tidak boleh sampai mengganggu pergerakan pengendara saat mengendalikan motor, sehingga tidak membahayakan pengendara dan juga orang lain.

Baca Juga: Pelajari Blind Spot (Titik Buta) Agar Terhindar Dari Kecelakaan

4. Barang juga bisa diletakkan pada bagasi. "Hindari menaruh barang berlebihan di bagasi karena akan menyulitkan untuk menutup jok dan bisa merusak barang yang dibawa," imbuhnya.

5. Tinggi barang yang dibawa tidak melebihi bahu pengendara karena akan mengurangi keseimbangan berkendara. "Pastikan panjang barang bawaan tidak melebihi atau menutupi lampu belakang, agar pengendara lain dapat tetap melihat signal lampu dari motor," tutupnya.