Musim Hujan Telah Tiba, Pilih Lampu Yang Cocok

Musim Hujan Telah Tiba, Pilih Lampu yang Cocok

KabarOto.com – Musim penghujan sudah mulai melanda di sebagian besar wilayah Indonesia. Buat para pengguna roda empat ada baiknya untuk lebih teliti dalam mengecek mobilnya agar nyaman dan aman digunakan saat menerobos hujan, terutama bagian lampu Sob.

Peranti yang paling penting saat menerobos hujan dan kabut adalah lampu. Untuk pasaran aksesori mobil khususnya penerangan lampu berteknologi HID dan LED menjadi pilihan. Tetapi kini, teknologi dan perkembangannya kian maju, kehadiran lampu LED 3 warna ini cocok untuk segala cuaca.

Perbandingan Foglamp OEM dengan LED 3 warna

Salah satunya adalah bohlam Turbo LED Macrone MC8 foglamp 3 warna H11/H8/H16, diklaim bisa tembus kabut dan hujan. Karena memiliki kombinasi 3 warna lampu yaitu putih (6000 K), kuning (3000 K) dan putih kuning (4300 K).

“Produk yang kita suguhkan sesuai dengan budget customer. Bila budget hanya sekitar Rp 500 ribuan kita ada Macrone MC6 3 warna, kalau paling mahal Macrone MC8. Nah, perbedaannya jelas dari terangnya dan warnya, kalau MC6 ini warna kuningnya tidak terlalu pekat ya, sekitar 3300 Kelvin. Kalau MC8 ini lebih terang dan warna kuningnya lebih padat yaitu 3000 Kelvin,” ungkap Rico Chandra selaku pemilik RCA Lightening Store, Kemayoran, Jakarta.

Contoh Produk LED Turbo Macrone T8

Bicara soal harga, foglamp tiga warna ini mulai dari Rp 450 ribu hingga Rp 750 ribu, Sob. Selain foglamp, RCA juga menjual LED untuk lampu utama nah soal harga menarik nih karena untuk lampu utama dibanderol mulai Rp 145 ribu hingga Rp 900 ribu, dan ada produk baru nih dari RCA yaitu Turbo Macrone T8, perbedaannya ada mode untuk ‘demon eye’ yang membuat tampilan proyektor lebih kece.

Untuk LED 3 warna ini Rico lebih rekomendasi untuk foglamp saja dan kurang cocok untuk lampu utama yang bersoket H11 karena akan membuat pencahayaan tidak stabil. “jadi kalau untuk tiga warna misalkan saat mode warm white itu 22 Watt tapi itu terbagi, jadi tidak seperti led yang 35 Watt putih itu fokus listriknya. Nah untuk produk kita ini maksimal listriknya hanya 25 Watt, kalau foglamp halogen bawaan Sienta ini cuma 19 Watt saja,” ungkap Rico.

3 mode warna 6500k, 3000k, 4300k

Untuk LED ini RCA memberikan garansi selama satu tahun, “Kami memberikan garansi selama satu tahun, jika bohlamnya rusak kami akan memberikan bohlam baru untuk customer,” lanjut Rico.

Muncul pertanyaan soal lampu LED yang biasa kita dengar itu “Apakah LED ini bisa menyilaukan arah lawan?” Tenang Sob, produk Macrone ini memiliki cut off yang rapi sehingga tidak akan membuat silau dari arah lawan. Jangan lupa untuk mengatur ketinggian lampu ya. Karena ketinggian sorot lampu salah satu hal penting jika terlalu tinggi akan membuat silau.

Kondisi saat mode kuning, kaca film 40%

Disarankan untuk foglamp tidak memakai lampu HID. Karena dapat melelehkan bahan plastik pada bumper dan kacanya. “Kita tidak rekomendasi untuk memakai HID untuk foglamp karena panas, panasnya ini dapat melelehkan bumper dan membuat kaca foglamp pecah, lebih disarankan memakai LED saja karena tidak terlalu panas,” tutup Rico.

Jadi bagaimana Sob ingin mencoba mematahkan mitos soal kalau LED tidak bisa tembus hujan?