POPULAR STORIES

NAWA Racer, Motor Listrik Dengan Baterai Hybrid Pertama Di Dunia

NAWA Racer, Motor Listrik dengan Baterai Hybrid Pertama di Dunia

KabarOto.com - NAWA Technologies, perusahaan pembuat sistem penyimpanan ultracapacitors dan produsen pembuat baterai asal Prancis. Mengungkap sebuah konsep sepeda motor tanpa emisi atau motor listrik, diberi nama NAWA Racer.

Diperkenalkan di Consumer Electronics Show (CES) di Las Vegas pada 7 Januari 2020, NAWA Racer menggabungkan ultracapacitors (kapasitor ultra) revolusioner rancangan NAWA Technologies dengan sel lithium-ion konvensional atau baterai lithium biasa.

Dasar dari keunggulan NAWA Racer adalah perusahaan ultracapacitors berbasis karbon, yang mengisi dan melepaskan energi dalam hitungan detik, mampu mengambil energi dari pengereman regeneratif dan memasoknya kembali ke motor listrik dengan sangat cepat. Hal ini terutama terjadi ketika banyak pengereman dan percepatan, seperti di daerah perkotaan.

Baca juga: LiveWire Resmi Jadi Nama Divisi Motor Listrik Harley-Davidson

Dengan mengintegrasikan ultracapacitors ini ke dalam sistem lithium-ion, hasilnya adalah baterai yang memiliki kinerja keseluruhan yang jauh lebih efisien, sangat mengurangi siklus pengisian dan pengosongan yang dilakukan baterai lithium-ion, memperpanjang umur keseluruhan sistem.

Sistem revolusioner memungkinkan NAWA Racer untuk menggunakan kembali 80 persen energi yang hilang saat pengereman, memberikan jangkauan perkotaan 300 km dan menghemat berat 25 persen.

Motor dirancang memiliki bobot ringan berkat penggunaan bahan karbon pada rangka, menggunakan penggerak listrik dengan daya 9 kWh. Mampu menelurkan tenaga maksimal sebesar 98 dk dengan kemampuan jelajah hingga 290 km kondisi baterai penuh.

Motor listrik bergaya cafe racer ini memiliki bobot 150 kg, mampu melesat hingga kecepatan 160 kpj. Menggunakan motor penggerak hubbles di roda belakang, kapasitor ultra ditempatkan layaknya posisi mesin konvensional yakni persis di bawah tangki bahan bakar. Diposisikan satu titik lokasi bersamaan dengan motor penggerak.

Baca juga: Husqvarna Gandeng Pabrikan Motor Bajaj Rilis Konsep Skutik Listrik

Menjadikan baterai lithium dan kapasitor ultra sebagai sumber tenaga. Dengan kombinasi baterai tersebut, menjadikan NAWA Racer sebagai motor listrik pertama dunia menggunakan teknologi hybrid pada sistem baterainya.

Purwarupa motor ini diharapkan memulai debutnya pada Q3 tahun ini,

Berita Terkait

Berita Terkait