POPULAR STORIES

Nissan Kuasai Mitsubishi

Nissan Kuasai Mitsubishi Setelah melewati tahap diskusi, Nissan secara resmi mengumumkan telah membeli saham Mitsubishi sebanyak 34% (Foto: Paultan)

Secara resmi Nissan mengumumkan bahwa saham Mitsubishi sudah dibeli oleh Nissan. Kenapa Mitsubishi bisa menjual sahamnya ke Nissan? Dan berapa persenkah saham tersebut di oper ke Nissan?

Setelah melewati tahap diskusi, Nissan secara resmi mengumumkan telah membeli saham Mitsubishi sebanyak 34% atau senilai Rp 29 Triliun. Setelah membeli saham ini, Nissan menjadi pengendali perusahaan Mitsubishi karena memiliki saham terbesar.

"Perjanjian ini akan menciptakan nilai jangka panjang yang dibutuhkan untuk kedua perusahaan kami demi kemajuan menuju masa depan," ujar Carlos Ghosn, chief Executive dan Presiden Nissan seperti yang dikutip dari Motor1.

Carlos Ghosn, Chief Executive dan Presiden Nissan juga menambahkan jika pihaknya berjanji menjaga dan memelihara dengan baik Mitsubishi. Bagi Nissan, dengan membeli saham Mitsubishi dan menjadi pemegang kendali terbesar di Mitsubishi bakal memberikan dampak yang sangat positif serta memperkuat amunisi dan lineup di negara Asia.

Sebelumnya diberitakan bahwa Nissan dilaporkan siap untuk membeli saham Mitsubishi sebanyak 30 persen lebih. Berikut alasan Mitsubishi menjual sahamnya ke Nissan?

Hal tersebut terjadi karena Mitsubishi tengah mencoba bangkit dan membutuhkan dana lebih untuk kerugian scandal (manipulasi hasil efisiensi bahan bakar) yang menimpa Mitsubishi.

"Nissan dan Mitsubishi telah membahas berbagai hal, termasuk kerjasama modal, tetapi belum ada yang diputuskan," pernyataan yang dikeluarkan oleh Mitsubishi dan Nissan seperti yang dikutip dari Paultan.

Untuk membeli saham tersebut Nissan siap menggelontorkan dana sebesar 200 miliar yen (US$ 1,84 miliar) setara Rp24 triliun. Nissan dan Mitsubishi telah mengkonfirmasi bahwa diskusi sedang dilakukan.

Baca Juga:

Berita Terkait

Berita Terkait