Nissan Perkenalkan Teknologi Tanpa Sopir di Crossover Terbarunya

Abdi Kurniawan
Abdi Kurniawan 04 Oct 2015 - 01:38
Nissan Perkenalkan Teknologi Tanpa Sopir di Crossover Terbarunya
Begitu pula dengan Pabrikan mobil Nissan yang juga turut serta meramaikan persaingan teknologi mobil otonom, teknologi tanpa sopir (Foto: autoblog)

Teknologi mobil otonom atau kemampuan menyetir sendiri alias teknologi tanpa sopir (Self Driving) sangat menjadi perhatian akhir-akhir ini. Produsen mobil seperti berlomba-lomba untuk ambil andil dalam perkembangan teknologi mobil otonom tersebut. Begitu pula dengan Pabrikan mobil Nissan yang juga turut serta meramaikan persaingan teknologi mobil otonom di segmen otomotif roda empat tersebut.

Kabar ini dibenarkan oleh Wakil Presiden Desain Kendaraan dan Pengembangan, David Moss, yang menjelaskan, bahwa Produsen mobil dari Jepang ini sedang menguji teknologi otonom untuk menciptakan kendaraan listrik roda empat sepenuhnya untuk Nissan dan mengembangkan teknologi tanpa sopir.

Dikutip dari laman Autoblog, dalam tahun-tahun mendatang, Nissan perlahan akan memperkenalkan teknologi yang tidak hanya meningkatkan keamanan tetapi juga memberikan kenyamanan pengemudi agar bisa bersantai duduk saat kemacetan lalu lintas terjadi. Nissan bergerak dengan teknologi tanpa sopir yang mengendalikannya.

Seperti mobil lain, Nissan akan memulai dengan satu lajur "mode kemacetan" yang akan berfungsi mengontrol kecepatan tertentu sebelum mendeteksi keadaan jalan raya, dan akan mencakup kemampuan multi-jalur beberapa tahun kemudian.

Teknologi otonom ini akan dirilis Nissan pada model pertama crossovernya dahulu sebelum menuju ke seluruh kendaraan dilineup perusahaan. Nissan ingin teknologi tanpa sopir ini menjadi pasangan dengan teknologi listrik yang sudah dikembangkan untuk membantu kemudahan mengurai kepadatan lalu lintas, serta mengurangi tingkat polusi udara di seluruh dunia.

Baca Juga: