POPULAR STORIES

Nissan Punya Alat Baru Untuk Cegah Pengemudi Main Ponsel Di Mobil

Nissan Punya Alat Baru untuk Cegah Pengemudi Main Ponsel di Mobil

Kabaroto.com - Menggunakan telepon seluler (ponsel) pada saat mengendarai mobil merupakan kebiasaan buruk dan satu di antara penyebab utama terjadinya kecelakaan.

Hal itu membuat pengemudi terbagi fokus antara melihat jalan dan ponsel. Seringkali, pengemudi tak menyadari telah menabrak sesuatu yang ada di depannya karena terlalu asyik melihat layar ponsel.

Untuk mencegah kebiasaan buruk ini, Nissan Motor mengembangkan alat bernama Signal Shield. Alat ini berfungsi untuk memblok sinyal ponsel sewaktu berada di mobil.

Seperti dilansir Autoexpress, Jumat (5/5/2017), Signal Shield berada di armrest samping pengendara. Cara kerjanya adalah dengan memasukkan ponsel ke dalam kompartemen. Kemudian, Signal Shield akan menghalangi semua sinyal seluler, Bluetooth, dan WIFI.

Jika dilihat secara sekilas, cara kerja alat ini memang bagaikan mematikan ponsel. Namun, Nissan beralasan banyak pengemudi yang malas untuk mematikan ponsel mereka ketika berada di dalam mobil. Oleh karenanya, mereka mengembangkan alat ini agar pengemudi ponsel tetap stand by di dalam mobil.

Nissan mengembangkan alat ini karena merasa gelisah dengan kebiasaan buruk pengemudi. Mereka merujuk kepada riset RAC yang menyebutkan bahwa 8 dari 31 persen pengemudi mengaku memainkan ponsel saat berkendara.

Tak hanya itu saja, 51 persen pengendara juga mengaku selalu melihat ponsel mereka di dalam mobil saat ada notifikasi masuk. Meski demikian, hingga kini Nissan belum memberikan informasi mengenai kapan alat ini akan diproduksi secara massal.

Berita Terkait

Berita Terkait