POPULAR STORIES

Nissan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir Di Tokyo

Nissan Uji Coba Mobil Tanpa Sopir di Tokyo foto: www.carscoops.com

KabarOto.com - Nissan kedapatan mengujicobakan mobil berteknologi otonom atau tanpa sopir Infiniti Q50 di jalan Kota Tokyo, Jepang. Mobil ini rencananya diluncurkan ke pasar pada tahun 2020. Demikian dilansir dari Carscoops, Kamis (26/10/2017).

Mobil ini menggunakan teknologi ProPILOT, atau teknologi operasi swakemudi seutuhnya. Saat mode berkendara ProPILOT dipilih, sistem ini mengarahkan kemudi ke dalam dasbor dan menyandarkan semua kursi, memberikan ruang yang lebih luas kepada pengemudi agar lebih santai dan menikmati perjalanan mereka.

Bila mode berkendara manual dipilih, kendaraan akan mengembalikan kemudi dan jok ke posisi semula, dengan mulus mengembalikan kendali kendaraan kepada pengemudi.

Baca Juga:

Tak hanya itu saja, mobil Infiniti Q50 juga dilengkapi dengan 12 sonar dan kamera, radar sembilan milimeter, enam pemindai laser, dan peta canggih yang bisa memindai secara real time.

"Kecerdikan adalah inti dari segala hal yang kita lakukan di Nissan," ungkap Wakil Presiden Nissan yang bertanggung jawab pada bidang penelitian dan teknologi mutakhir, Takao Asami.

"Teknologi ProPilot terbaru kami baru akan bisa dipalikasikan di dunia nyata pada tahun 2020. Demonstrasi hari ini merupakan contoh lain dari kesuksesan kami dalam menciptakan mobil otonom masa depan," dia menambahkan.

Pada ajang Tokyo Motor Show 2017, Nissan memperkenalkan mobil konsep IMx. Mobil ini ditenagai dua motor listrik yang masing-masing ditempatkan di roda depan dan belakang. Saat up, mesin mampu menyemburkan tenaga hingga 320 kW (429 hp) dan torsi 700 Nm. Saat beterai terisi penuh, mobil mampu menempuh jarak hingga 372 mil (600 km), melebihi jarak tempuh Nissan Leaf baru.