POPULAR STORIES

Nvidia Siap Menjadi Otak Dari Mobil Otonom

Nvidia Siap Menjadi Otak dari Mobil Otonom Sumber: nVidia dan Geely - Zeekr

KabarOto.com - Pada Selasa kemarin (20/09), perancang chip Nvidia mengungkapkan prosesor baru bernama Drive Thor yang diharapkan akan menggerakkan revolusi kendaraan otonom.

Prosesor Thor akan tiba pada 2024 untuk mobil yang diproduksi pada 2025, dimulai dengan dimulai dari mobil listrik asal Tiongkok, yakni Zeekr. Mereka didasarkan pada unit pemrosesan grafis Hopper baru Nvidia untuk menangani perangkat lunak kecerdasan buatan yang merupakan kunci mobil self-driving dengan lebih baik.

"Ini benar-benar akan ditingkatkan hingga otonomi penuh," kata Danny Shapiro selaku wakil presiden pekerjaan otomotif Nvidia. Mengacu pada kemampuan mengemudi sendiri Level 4 atau Level 5, di mana mobil dapat mengemudi sendiri tanpa perhatian atau bahkan ada penumpang manusia.

Baca juga: Lightyear 0 Jadi Mobil Listrik Paling Aerodinamis Di Dunia

Zeekr 001, akan menggunakan chipset Nvidia

Nvidia telah merencanakan sebuah chip bernama Atlan untuk tahun 2024 tetapi membatalkannya demi Thor, yang menangani perangkat lunak AI pada 2 kuadriliun operasi per detik - dua kali kecepatan yang direncanakan untuk Atlan dan delapan kali lipat dari prosesor Orin saat ini.

Thor menggabungkan satu fitur utama Hopper: kemampuan untuk mempercepat teknik AI yang kuat yang disebut transformer. Nvidia juga mengharapkan variasi Thor yang lebih rendah untuk teknologi bantuan pengemudi yang kurang revolusioner seperti menjaga lajur dan pengereman darurat otomatis.

Baca juga: Peugeot Bakal Produksi 100% Mobil Listrik Tahun 2025 Di Eropa

Pasar prosesor otomotif besar dan semakin besar karena pembuat mobil menuntut semakin banyak prosesor dan chip semikonduktor lainnya untuk bantuan pengemudi, infotainment, dan unit kontrol elektronik yang mengawasi semuanya mulai dari pembakaran mesin hingga navigasi GPS.

Desainer chip siap panen pendapatan. Nvidia mengantongi $11 miliar dalam pesanan chip otomotif, dan saingan utamanya, Qualcomm sebesar $19 miliar dalam pesanan otomotif dalam proses.