POPULAR STORIES

Operasi Zebra Resmi Dimulai, Ini Jenis Pelanggaran Yang Akan Ditindak

Operasi Zebra Resmi Dimulai, Ini Jenis Pelanggaran yang Akan Ditindak Spanduk Operasi Zebra (KO/Edo)

KabarOto.com - Demi meningkatkan ketertiban lalu lintas, Korlantas Polri kembali menggelar operasi zebra yang akan dilaksanakan mulai hari ini, Selasa 30 Oktober sampai dengan 12 November 2018. Kegiatan ini dilaksanakan serentak di seluruh wilayah Indonesia, untuk mendorong lebih terciptanya keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancaran Lalu Lintas (Kamseltibcarlantas).

Dalam sambutan pada Apel Gelar Pasukan Operasi Zebra 2018, dilapangan NTMC Korlantas Polri, Jalan MT Haryono, Jakarta Selatan, Selasa (30/10/2018), Kepala Koprs Lalu Lintas Polri Irjen Pol Refdi Andri, memberikan arahan kepada seluruh personil Polantas se-Indonesia untuk melakukan penindakan kepada para pelanggar lalu lintas.

Baca juga: Kakorlantas Polri Minta Operasi Zebra 2018 Dilakukan Dengan Perencanaan

Ilustrasi Operasi Kepolisian

Adapun pelanggaran lalu lintas yang akan ditindak antara lain:

1. Pengemudi yang menggunakan atau memainkan handphone saat berkendara.
2. Pengemudi yang melakukan lawan arus.
3. Pengemudi sepeda motor yang melebihi kapasitas (muatan dan orang).
4. Pengemudi kendaraan dibawah umur.
5. Pengemudi sepeda motor yang tidak menggunakan helm, dan pengemudi mobil yang tidak menggunakan safety belt.
6. Pengemudi yang menggunakan narkoba, dan mabuk.
7. Pengemudi yang melebihi batas kecepatan.

Sebagai upaya untuk menekan pelanggaran berlalu lintas, Kakorlantas Refdi menegaskan kepada seluruh bawahannya untuk melaksanakan penegakkan hukum yang tegas kepada masyarakat yang memang melakukan pelanggaran.

Baca Juga: Daftar Harga Mobil Nissan-Datsun Per Oktober 2018

Dalam operasi ini, polisi juga akan lebih banyak mengedepankan pola represif atau penilangan terhadap pelanggar. "Kendaraan bermotor yang tidak sesuai dengan aturan atau melanggar lalu lintas langsung ditindak tegas alias tilang di tempat." ujar Refdi.

Lebih lanjut Ia berharap bahwa operazi Zebra 2018 ini dapat berjalan lancar. "Semoga OPS Zebra dapat mendorong masyarakat untuk bersama-sama lebih mewujudkan Kamseltibcarlantas, kami berharap dapat terwujud Kamseltibcarlantas, semoga kegiatan ini berjalan aman dan lancar," pungkasnya.