Oprek Spion Honda Brio Jadi Elektrik, Makin Canggih

Oprek Spion Honda Brio Jadi Elektrik, Makin Canggih Buka tutup spion hanya dengan tekan tombol (Foto: Kipli)

KabarOto.com – Melipat spion dengan cara manual memang tak begitu merepotkan ketika kita hendak parkir. Namun anda juga dapat melipat dan membuka kaca spion secara otomatis, hanya dengan menekan satu tombol dari kunci bawaan Honda Brio. Arief Ramadhany anggota Brio Project Indonesia (BPI) punya solusinya.

Pria yang hobi oprek kendaraan ini menemukan cara efektif untuk mengubah skema manual dari spion Honda Brio generasi awal menjadi otomatis layaknya mobil premium sekarang. Bahkan bisa dibuka dan tutup dari remote mobil, loh!

Item yang harus disiapkan antara lain motor spion milik Toyota Alphard seharga Rp 1,4 juta dan modul universal untuk menghubungkan frekuensi spion dengan remote seharga Rp 350-400 ribu.

“Siapkan kunci pas ukuran 10 mm dan obeng kembang mas, lalu bongkar fitur spion standar dengan membongkar door trim lebih dulu,” buka pemukim daerah Ciledug, Tangerang ini.

Setelah semua terbuka, pasang modul universal juga motor Toyota Alphard pada soket central lock dan alarm yang terdapat di balik door trim yang telah dilepas.

“Itu sudah include sama switch adjustment mirror yang ada tombol mirror retract-nya kok, mas,” jelasnya.

Setelah semua terpasang, pastikan fitur yang dimodifikasi tadi bekerja dengan baik dengan mengetesnya melalui lock dan unlock pada kunci standar saat pintu ditutup.

Setelah semua berfungsi dengan baik, kembali pasang door trim. Brio-mu sudah makin canggih sekaligus efektif menghemat waktu dan tenaga untuk melipat spionnya!