Toyota-Mazda Dirikan Pabrik di Alabama

Enrico
Enrico 11 Jan 2018 - 10:21
Toyota-Mazda Dirikan Pabrik di Alabama
Toyota dan Mazda Buka Pabrik Gabungan (Carscoops)

KabarOto.com - Mazda dan Toyota bergabung membuka pabrik di Huntsville, Alabama, Amerika Serikat. Diperkirakan, pabrik yang mampu memproduksi 300 ribu unit mobil per tahun itu menelan biaya 1,6 miliar dolar atau setara dengan Rp21,4 triliun.

Carscoops, Kamis (12/1/2018) melansir, kendati belum dikonfirmasi, namun disebutkan produksi mobil di pabrik tersebut dilakukan sama rata antara Toyota Corolla dan Crossover Mazda.

Baca Juga: Dodge Viper RT/10, Menakutkan Sekaligus Diidamkan

Pabrikan ini nantinya dibuka resmi tahun 2021 yang berada 14 mil (22km) dari pabrik Toyota Motor Manufacturing Alabama yang memproduksi berbagai macam mesin mobil Camry, Highlander dan Tundra.

Fasilitas baru ini diharapkan dapat menciptakan 4.000 lapangan pekerjaan dan akan menjadi fasilitas manufaktur Toyota ke-11 di Amerika Serikat.

CEO Mazda, Masamichi Kogai mengatakan, Mazda membuat mobil dengan visi yang jelas serta menginspirasi banyak orang, berkontribusi pada masyarakat dan membantu melestarikan keindahaan bumi.

"Dengan membuat mobil semacam itu di Alabama, kami berharap seiring berjalannya waktu, pabrik kami akan menempati tempat khusus di hati karyawan dan masyarakat setempat," kata dia.

Baca Juga: Kia Niro Concept Lebih Gaya Tanpa Grill

Presiden Toyota Akio Toyoda menambahkan, "Investasi kami untuk membangun pabrik perakitan kendaraan baru dengan Mazda dibangun berdasarkan kesuksesan yang kuat yang telah kami nikmati di Alabama di mana kami memproduksi mesin untuk pasar Amerika Utara."

Pengumuman tersebut merupakan kemenangan besar bagi Alabama karena beberapa negara bagian lainnya seperti Tennessee, Texas, North Carolina dan South Carolina sedang membuat rencana seperti Alabama.

Editor : ballian