POPULAR STORIES

Pakai Transjakarta, Ciledug - Tendean Cuma 10 Menit

Pakai Transjakarta, Ciledug - Tendean Cuma 10 Menit Rute transjakarta koridor XIII Cileduk- Tendean

Kabaroto.com - Warga Jakarta atau Tangerang yang ingin menempuh perjalanan ke Ciledug atau Tendean dan sebaliknya, tak perlu takut bermacet-macetan. Hal itu karena Pemerintah Provinsi (Pemprov) DKI akan segera meresmikan Transjakarta Koridor 13, rute Ciledug-Tendean.

Transjakarta akan beroperasi di rute layang yang membentang sepanjang 9,3 kilometer dengan ketinggian jalan layang antara 18 meter hingga 23 meter. Jalan layang ini akan menjadi jalur khusus bus Transjakarta, tidak boleh dilintasi oleh kendaraan pribadi maupun angkutan umum lainnya.

Dengan begitu, maka tak heranlah, PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) selaku operator bus Transjakarta berani menargetkan jarak tempuh ke Ciledug ke Tendean dengan menggunakan bus Transjakarta paling lama 20 menit, dan paling cepat hanya 10 menit.

Direktur Operasional PT Transjakarta, Daud Joseph mengatakan bus Transjakarta yang akan beroperasi di jalan laying Koridor 13 ini akan dibagi menjadi dua jenis, yaitu bus Transjakarta reguler dan bus Transjakarta ekspres.

“Kalau bus Transjakarta reguler itu berhenti di setiap halte. Nah di jalan layang ini akan ada dua halte bus Transjakarta. Jadi jarak tempuhnya dari Ciledug ke Tendean bisa 20 menit. Setiap halte bus Transjakarta akan berhenti selama 20 detik untuk mengangkut penumpang,” kata Joseph saat uji coba Koridor XIII, belum lama ini.

Lalu, lanjutnya, bus Transjakarta ekspres hanya akan berhenti di dua halte saja, yaitu Halte CSW dan Velbak. Dengan begitu, Ciledug ke Tendean hanya akan ditempuh dalam waktu 10 menit saja.

Empat halte

Daud Joseph mengatakan, dari 12 halte di Koridor 13, akan ada empat halte yang sangat sibuk karena ramai dengan penumpang.

"Keempat halte itu adalah Halte Tirtayasa, halte CSW, halte Velbak dan halte JORR," kata Joseph.

Dia menjelaskan halte, Tirtayasa akan ramai dengan penumpang karena di lokasi tersebut menghubungkan rute Transjakarta UKI-Blok M.

"Di halte tersebut karena ada turunan ke Blok M. Transjakarta rute UKI-Blok M, turunnya di halte Tirtayasa," ujarnya.

Lalu, halte CSW akan ramai dengan penumpang karena terintegrasi dengan Koridor I (Blok M-Kota). Tidak hanya itu, dia tahun lagi, halte ini akan terintegrasi dengan MRT Jakarta. Selanjutnya, halte Velbak yang terintegrasi dengan Koridor VIII (Lebakbulus-Harmoni) dan stasiun Commuter Line Kebayoran Lama. Kemudian halte JORR.

Di situlah akan bertemu bus-bus feeder atau penumpang. Ada empat bus feeder yang menghubungkan halte JORR. Yaitu dari Bintaro, BSD, Meruya dan Joglo.

"Di empat halte ini, bus-bus Transjakarta akan berhenti lebih dari 20 detik karena kondisinya pasti ramai," paparnya.

Pelaksana Tugas (Plt) Gubernur DKI, Djarot Saiful Hidayat mengatakan Pemprov DKI mendukung permintaan Wali Kota Tangerang, Arief R Wirmasnyah agar jalan layang Koridor XIII (Ciledug-Tendean) diperpanjang hingga ke Tangerang, khususnya ke Perumahan Puri Beta dan Central Bussiness Distric