POPULAR STORIES

Para Pembalap AHRT Dominasi Balap ARRC China 2023

Para Pembalap AHRT Dominasi Balap ARRC China 2023 Para Pembalap AHRT Dominasi Balap ARRC China 2023 (AHRT)

KabarOto.com - Para pembalap Astra Honda terus mendominasi balapan Asia Road Racing Championship (ARRC) 2023 seri ke-5 di Zhuhai, China. Balapan pertama kelas AP250 ditaklukkan Rheza Danica Ahrens dengan meraih podium kedua, dilanjutkan Veda Ega Pratama dan Herjun Atna Firdaus yang sukses mengibarkan bendera Merah Putih dari podium pertama dan podium ketiga.

Hasil ini membuat AHRT keluar sebagai juara ARRC kelas AP250 untuk kelima kalinya,, sekaligus mengukuhkan CBR250RR sebagai jawara kancah balap nasional maupun Asia pada 2023.

Para pembalap AHRT, Veda, Rheza, dan Herjun tampil agresif sepanjang balapan. Pada sesi kualifikasi, Veda telah menunjukkan kemampuan terbaiknya dengan menempati posisi pertama dengan catatan waktu tercepat 1:50.117. Sedangkan Rheza dan Herjun memulai balapan dari posisi keempat dan kelima dengan raihan catatan waktu tercepat 1:50.583 dan 1:50.741.

Race pertama dihelat pada Sabtu (04/11) dengan cuaca cerah. Rheza harus berjuang keras untuk mendapatkan podium. Dengan pengalaman yang melimpah, Rheza secara perlahan masuk dalam rombongan terdepan dan memberikan perlawanan ketat hingga akhirnya berhasil finis pada posisi kedua.

Baca Juga: Siswa Berprestasi Asal Jawa Barat Diganjar Penghargaan Honda DAM

Pemuda Gunungkidul, Veda Ega langsung tampil dominan dengan mengukuhkan jarak 7 detik dari pembalap lainnya. Namun, Veda harus menjalani hukuman ride through di lap 8, hingga harus puas finis pada posisi keenam. Sedangkan pembalap lainnya, Herjun harus menyelesaikan balapan lebih cepat akibat terjatuh pada tikungan terakhir pada lap kedua.

Veda Ega yang bertekad kuat untuk tidak membuang kesempatan di race kedua pada hari Minggu (5/11), langsung tancap gas sejak awal balapan dimulai. Dia secara konsisten memperlebar jarak dengan pembalap lainnya hingga 9 detik dan akhirnya berhasil meraih posisi pertama.

Sedangkan Herjun dan Rheza yang masuk di rombongan kedua, harus berjuang keras dan bersaing ketat dengan empat pembalap lainnya dalam perebutan podium ketiga. Sempat terdesak mundur pada posisi ketujuh dan kelima pada awal balapan, kedua pembalap secara perlahan masuk untuk menempati posisi kedua terdepan rombongan, hingga akhirnya Herjun berhasil finis pada posisi ketiga dan disusul Rheza pada posisi keempat.

Baca Juga: Mulai Rp36 Jutaan, Honda ADV160 Warna Baru Resmi Meluncur

“Saya berusaha fokus sepanjang balapan agar bisa konsisten dan tidak membuat kesalahan. Selepas start saya mencoba langsung memberi jarak aman dan memudahkan saya memilih line terbaik tanpa gangguan. Saya menjaga kecepatan secara konstan dan akhirnya bisa menyelesaikan balapan dengan baik,”ujar Veda.

Dengan hasil seri ini, juara AP250 dapat dipastikan digenggam oleh pembalap AHRT mengingat posisi klasemen sementara diduduki 3 pembalap AHRT yaitu Rheza pada posisi pertama dengan perolehan 188 poin, Herjun pada posisi kedua dengan 165 poin, dan Veda pada posisi ketiga dengan total 135 poin. Gelaran ini menyisakan dua race dengan raihan maksimal 50 poin.

“Saya berusaha menjalani balapan sebaik-baiknya. Saya bisa menjaga ritme balap dan memberikan tontonan yang seru pada persaingan podium ketiga. Ini modal yang cukup bagus untuk menghadapi putaran terakhir di Thailand,” ujar Herjun.