POPULAR STORIES

Pasang Bemper Tambahan Mobil Justru Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Pasang Bemper Tambahan Mobil Justru Tingkatkan Risiko Kecelakaan

Kabaroto.com - Selain untuk mempercantik, aksesori bemper tambahan atau tanduk bisa untuk melindungi mobil. Namun, pemilihan dan pemasangan bemper tambahan yang salah bisa meningkatkan risiko kecelakaan.

Para pemilik mobil di Indonesia cenderung hanya memikirkan bahan yang berat, besar, dan dana yang dikeluarkan untuk memilih bemper tambahan.

Padahal, tanpa disadari bahwa pemilihan bemper yang tidak tepat dapat menghalangi sensor airbag untuk mendeteksi adanya benturan.

Lebih parahnya lagi, jika desain bemper tambahan mobil asal-asalan bisa membuat sasis bengkok. Hal itu disebabkan tambahan beban saat adanya tabrakan.

Aksesori bemper tambahan yang bagus memiliki desain untuk tidak menghalangi sensor airbag bekerja. Di beberapa produk bemper menyertakan kotak pengaman pada bagian braket pemasangan yang akan pecah saat terjadi tabrakan.

Hal itu membuat sensor airbag tetap bekerja. Daya tumbuk saat tabrakan juga tak menyalur ke sasis kendaraan yang bisa menyebabkan kerusakan lebih parah.

Pemasangan aksesori bemper tambahan juga ada standarnya. Jangan sampai bemper terlalu berat yang akan mempengaruhi ke suspensi dan pengendalian kendaran

Berita Terkait

Berita Terkait