POPULAR STORIES

Pasar Cenderung Lesu, Pabrikan Mobil Di Indonesia Terkena Imbasnya

Pasar Cenderung Lesu, Pabrikan Mobil di Indonesia Terkena Imbasnya Penjualan mobil di Indonesia

KabarOto.com - Catatan penjualan mobil di Indonesia sepanjang tahun 2018 ini terlihat kurang berjalan mulus, jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Di mana sepanjang Januari-Februari 2018 penjualan mobil tidak sampai 100 ribu unit.

Beruntung di bulan ke-3 pasar otomotif terlihat mulai kembali bergairah, dan terus mengalami pertumbuhan hingga bulan Mei. Penurunan justru kembali dialami saat Lebaran 2018, lalu dilanjutkan kembali membaik di bulan berikutnya hingga bulan Agustus lalu.

Torehan penjualan mobil sendiri cenderung menurun. Data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (GAIKINDO) mencatat bahwa distribusi kendaraan dari pabrik ke dealer (wholesales) pada September lalu berada di angka 93.103 unit.

Baca juga: Penjualan Mobil Jelang Lebaran Tak Semanis Dulu

Pencapaian tersebut turun 8,8 persen jika dibandingkan bulan sebelumnya yang berada di angka 102.197 unit. Jika melihat catatan penjualan selama tahun 2018 ini, pencapaian wholesales pada September lalu merupakan yang terburuk kedua di tahun ini.

Selain itu, jika melihat data penjualan Gaikindo beberapa pabrikan dengan penjualan terbaik di tanah air turut merasakan imbas dari penurunan penjualan mereka di Indonesia. Toyota yang memimpin di urutan pertama mencatatkan penjualan sebesar 29.821 unit, angka tersebut turun jika dibandingkan sebelumnya yang berada di angka 31.149 unit.

Penurunan pun dialami Daihatsu yang menghuni posisi kedua dengan torehan penjualan sebesar 17.110 unit yang sebelumnya berhasil menjual 17.510 unit. Dilanjutkan Mitsubishi di posisi ketiga dengan catatan penjualan 11.938 unit dan Honda 10.960 unit pada September 2018. Pada posisi kelima dihuni oleh Suzuki dengan penjualan sebanyak 8.880 unit.