POPULAR STORIES

Pekerja Di Pabrik Audi Dan BMW Jerman Mogok

Pekerja di Pabrik Audi dan BMW Jerman Mogok Mogo Kerja Pekerja Audi dan BMW (Carscoops)

KabarOto.com - Karyawan pabrik BMW dan Audi mogok kerja pada akhir pekan lalu. Mereka menuntut kenaikan upah yang lebih tinggi dan meminta pengurangan jam kerja.

Dikutip Carscoops, Rabu (17/1/2018), Serikat Pekerja Jerman, IG Metall menuntut kenaikan gaji sebesar 6 persen untuk 3,9 juta pekerja teknik dan logam.

Tuntutan ini dilakukan setelah pertumbuhan ekonomi mengalami kenaikan dalam enam tahun ini dan tingkat pengangguran yang rendah.

Selain itu, para pekerja menuntut mendapatkan hak pengurangan jam kerja mingguan dari 35 jam menjadi 28 jam.

Tujuannya untuk merawat anak-anak atau orangtua dan saudara mereka yang sakit sebelum kembali bekerja penuh setelah masa kerja dua tahun.

Serikat pekerja juga mengancam mogok kerja selama 24 jam bila proses perundingan gagal membuat kesepakatan yang berarti.

(Baca Juga: Jeep Siap Luncurkan Grand Commander Terbaru di Cina)

Selain itu lebih kurang 160 ribu pekerja pekan lalu bergabung dalam aksi ini untuk mendukung kenaikan upah, termasuk pekerja Porsche di Zuffenhausen, Jerman.

Dilaporkan Reuters, perusahaan telah mengajukkan penawaran kenaikan gaji sebesar 2 persen ditambah pembayaran bonus satu kali sebesar 200 euro sekitar 3,6 juta rupiah pada kuartal pertama. Namun untuk pengurangan jam kerja mingguan telah ditolak kecuali perusahaan dapat meningkatkan jam kerja sementara guna mempertahankan output yang dihasilkan.

Pada Kamis lalu para pimpinan buruh dan pengusaha industri sepakat terhadap masalah jam kerja akan diteliti kembali oleh para ahli. Perundingan antara pemimpin buruh dan pengusaha akan kembali bertemu pada 24 Januari 2018 dengan harapan tercapainya satu kesepakatan bersama pada awal Februari nanti.

Berita Terkait

Berita Terkait