POPULAR STORIES

Pelek Mobil Memiliki Berbagai Jenis Bahan: Pilihannya, Kelebihan, Dan Kekurangannya

Pelek Mobil Memiliki Berbagai Jenis Bahan: Pilihannya, Kelebihan, dan Kekurangannya Pelek mobil bisa meningkatkan penampilan mobil menjadi lebih baik. (Foto: dok. Kabaroto)

KabarOto.com - Pelek mobil merupakan salah satu komponen penting yang tidak hanya memengaruhi tampilan secara keseluruhan, fungsi pelek mobil bisa meningkatkan estetika kendaraan, performa dan keamanannya.

Salah satu faktor utama yang membedakan pelek mobil adalah bahan dasar pembuatannya. Berbagai jenis bahan telah digunakan untuk membuat pelek mobil, masing-masing memiliki karakteristiknya sendiri.

Dengan mengetahui dan memahami karakteristik bahan pelek mobil, Sobat KabarOto dapat membuat pilihan yang lebih cerdas dan sesuai dengan kebutuhan agar kendaraan lebih terasa optimal.

Kita akan membahas berbagai jenis bahan yang digunakan untuk membuat pelek mobil, beserta kelebihan dan kekurangannya yang dilansir dari Auto Guide dan Car and Driver. Simak sampai habis Sob!

Pelek Mobil berbahan aluminium
Pelek mobil memiliki berbagai desain, bahan dan ukuran. (Foto: dok. KabarOto)

Pelek Mobil Berbahan Baja

1. Kekuatan Pelek Mobil Berbahan Baja

Baja adalah salah satu bahan yang paling umum digunakan untuk membuat pelek mobil karena kekuatannya yang tinggi.

2. Tahan Korosi

Pelek mobil berbahan baja cenderung lebih tahan terhadap korosi daripada beberapa jenis bahan lainnya.

3. Berat

Namun, pelek mobil berbahan baja cenderung lebih berat daripada bahan lain seperti aluminium, sehingga dapat mempengaruhi kinerja kendaraan dalam hal percepatan dan konsumsi bahan bakar.

Pelek Mobil Berbahan Aluminium

1. Bobot

Pelek mobil berbahan aluminium adalah bahan yang ringan dan memberikan keunggulan dalam kinerja kendaraan, terutama dalam hal akselerasi dan penanganan.

2. Tampilan

Pelek mobil aluminium memiliki tampilan yang modern dan dapat diubah-ubah dengan berbagai gaya dan warna.

3. Korosi

Namun, pelek aluminium rentan terhadap korosi jika tidak dirawat dengan baik, terutama di daerah dengan iklim yang keras.

Pelek Mobil Berbahan Magnesium

1. Bobot Ringan

Pelek mobiol berbahan magnesium sangat ringan dan sering digunakan dalam balap mobil untuk meningkatkan kinerja.

2. Kekuatan

Meskipun ringan, pelek mobil berbahan magnesium memiliki kekuatan yang tinggi, membuatnya cocok untuk digunakan dalam kondisi balap yang ekstrim.

3. Harga Tinggi

Namun, pelek mobil magnesium cenderung lebih mahal daripada baja atau aluminium, membuatnya tidak terlalu umum digunakan dalam kendaraan sehari-hari.

Pelek Mobil Berbahan Karbon

1. Bobot Paling Ringan

Salah satu keunggulan utama dari pelek mobil berbahan karbon adalah bobotnya yang sangat ringan. Pelek karbon memiliki bobot yang jauh lebih rendah dibandingkan dengan pelek yang terbuat dari aluminium atau baja.

2. Kekuatan

Meskipun memiliki bobot yang ringan, pelek mobil karbon memiliki kekuatan yang sangat tinggi. Serat karbon yang diperkuat dengan resin epoksi membuat pelek ini sangat kuat dan tahan terhadap tekanan

3. Harga Tinggi

Harga pelek mobil berbahan karbon bisa mencapai belasan hingga puluhan juta per pelek, tergantung pada merek, model, dan kualitasnya.

Pelek mobil berbahan karbon sering digunakan dalam mobil balap dan mobil performa tinggi karena kemampuannya untuk menahan beban yang tinggi dan tekanan yang kuat selama digunakan.